Kemenag Pati Perkuat Tenaga Pengolah Data

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Kementerian Agama Kab. Pati melalui Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) menggelar Sosialisasi Penguatan Tenaga Pengolah Data PAIS, Rabu (29/9) di Hotel New Merdeka, Jalan P. Diponegoro No.69 Pati.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati Ali Arifin, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam Umi Istianah, Pengawas PAI, serta sebanyak 50 peserta dari guru PAI TK/SD/SMP/SMA/SMK sederajat, dengan menghadirkan dua orang narasumber dari Bidang PAIS Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Seksi (Kasi) PAIS Kemenag Pati Umi Istianah mengatakan Education Management Information System (EMIS) merupakan instrumen dalam pengelolaan data dan sistem informasi pendidikan Islam.  “EMIS itu sistem pendataan yang ada di pendidikan baik tentang guru, pendidikan dan tenaga kependidikan,” kata Umi.

Untuk memperoleh data yang valid, kata Umi, pemutahiran data EMIS harus periodik sehingga mampu menyajikan data yang lengkap, akurat dan tepat waktu. “Diharapkan  dengan EMIS ini, data kependidikan akan valid sebab dijadikan dasar perencanaan pendidikan,” ujar Umi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati Ali Arifin dalam sambutannya mengatakan sebagai bukti kemajuan pendidikan, terutama pendidikan islam yang unggul dan moderat, maka setiap data harus selalu terupdate setiap waktu. “Kualitas data  pendidikan yang selalu terupdate sangat mendukung kesuksesan dan kemajuan pendidikan,” ujarnya.

Oleh karena itu, kara Ali, seorang tenaga pengolah data harus professional. Terlebih dalam mengintegrasikan ilmu agama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Dengan demikian, kita bisa menuju kepada sebuah pendidikan moderat yang unggul dan unggul yang moderat dalam rangka mengarah kepada murid yang agamis,” pungkasnya. (at)