081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Lanjutkan Kerja Sama Passport On The Spot dengan Imigrasi Cilacap, Kakankemenag Purbalingga Tandatangani MOU

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Kepala Kankemenag Purba;ingga H. Karsono menandatangani MOU Kerja Sama Pasport On The Spot disaksikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap

Purbalingga – Sebagai perintis kerja sama pelayanan paspor haji on the spot di jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota khususnya di Jawa Tengah, Kankemenag Purbalingga kembali melakukan kerja sama Passport On The Spot dengan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) di antara kedua belah pihak pada tahun kelima tersebut dilakukan di Aula Lantai II Kankemenag Purbalingga, Selasa (28/9/20211).

Kepala Kantor Kementerian agama kabupaten Purbalingga H. Karsono dalam sambutannya mengapresiasi layanan yang diberikan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap. Menurutnya, layanan Passport On The Spot yang sudah memasuki tahun kelima di Purbalingga tersebut telah dirasakan manfaatnya dan mendapat apresiasi yang luar biasa.

“Masyarakat khususnya para calon jemaah haji kabupaten Purbalingga merasa sangat terbantu dengan adanya layanan ini. Karena sebelum adanya layanan ini dengan kondisi yang ada mereka harus melakukan perjalanan sekitar 2 jam, mengantri dan bisa jadi pulang hingga larut malam. Sehingga dengan adanya layanan ini calon jemaah merasa sangat puas,” ungkapnya.

Sehingga menurutnya tidak heran ketika Kankemenag kabupaten / kota lain khususnya di Jawa Tengah juga menginginkannya.

“Hal ini juga sudah kami laporkan ke Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Bahkan dalam diskusi dengan Kakanwil dan Kabid PHU ditekankan agar model seperti ini dapat diterapkan pada layanan paspor haji  di kabupaten / kota lainnya di Jawa Tengah,” ujarnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap Yoga Ananto Putra menandatangani MOU disaksikan Kakankemenag Purbalingga H. Karsono

Karsono menambahkan, selain inovasi layanan Passport On The Spot tersebut Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) pada Kankemenag Purbalingga juga telah melakukan inovasi lain yang memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran haji.

“Inovasi dari teman-teman kami di PHU yang telah diluncurkan yaitu mobiling pelayanan haji. Dengan menggunakan mobil keliling teman-teman PHU memberikan layanan pendaftaran haji di daerah. Pada hari-hari tertentu layanan pendaftaran haji, konsultasi dan lain-lain dilakukan di KUA kecamatan daerah asal para calon jemaah haji,” imbuhnya.

Ia menegaskan, melalui penandatanganan MOU tersebut jajaran Kankemenag Purbalingga khususnya Seksi PHU merasa lebih bersemangat dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

MOU Kerja Sama Passport On The Spot diserahterimakan oleh kedua belah pihak.

Berikan yang Terbaik

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap Yoga Ananto Putra dalam sambutannya menekankan, pentingnya memberika pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kantor Imigrasi Cilacap juga dalam perjalanan menuju WBBM setelah meraih WBK. Kerja sama ini juga merupakan ide yang bagus untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Namun kebijakan bagus dari atas, bawah harus mendukung. Maka yang pertama harus dilakukan adalah mengubah mindset,” tandasnya.

Yoga juga memberikan pernyataan mendukung upaya pembangunan Zona Integritas pada Kankemenag Purbalingga menuju Wilayah yang Bebas dari Korupsi (WBK) serta mempersilakan Tim ZI Kankemenag Purbalingga untuk melakukan Studi Banding ke kantornya.* (sar/bd)