MTs Walisongo Pati Sukseskan Vaksinasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Sebanyak 320 peserta didik MTs Walisongo Kayen Pati mengikuti vaksinasi covid-19 di halaman depan ruang guru MTs setempat pada Rabu (6/10/2021).

Vaksinasi ini dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Kecamatan Kayen Pati. Disusul pula 61 peserta didik MA Walisongo Kayen Pati karena masih dalam satu lembaga pendidikan.

Beberapa anak yang masih belum cukup umur, utamanya kelas 7 yang belum genap berusia 12 tahun tidak diperbolehkan untuk divaksinasi sebab secara medis dan administrasif tidak memenuhi aturan pemerintah.

Vaksinasi ini bertujuan untuk Kekebalan kelompok  (herd immunity), yang juga dikenal sebagai ‘kekebalan populasi’, adalah konsep yang digunakan untuk imunisasi, di mana suatu populasi dapat terlindung dari virus tertentu jika suatu ambang cakupan imunisasi tertentu tercapai.

Vaksin  melatih sistem imun untuk menciptakan protein yang dapat melawan penyakit, yang disebut ‘antibodi’, Orang yang telah diimunisasi terlindung dari penyakit yang bersangkutan dan tidak dapat menyebarkannya, sehingga memutus rantai penularan.

“Dengan vaksinasi ini diharapkan timbul kekebalan tubuh (imun) pada diri pesdik dan terbentuk pula kekebalan kelompok (herd immunity) utamanya di cluster pendidikan sehingga akan melindungi pesdik dan keluargan dan bagi masyarakat pada umumnya,” jelas Bu Dokter Indri (kepala Puskesmas) saat mendampingi tenaga kesehatan Puskesmas Kayen yang turun bertugas.

Kaila (kelas 8B) seorang peserta didik MTs Walisongo Kayen Pati merasa sedikit kecewa sebab tidak bisa ikut vaksin dikarenakan belum cukup umur. Sementara Zahra Nur Oktaviani kelahiran 2007 merasa senang dapat vaksin, sebab di luar negeri warganya harus beli, sementara di Indonesia divaksin secara gratis. (azm/at)