Pembangunan ZI Kankemenag Purbalingga Dikaji Tiru Tim ZI Kemenag Pemalang

Kasubbag TU Kankemenag Purbalingga H. Purwadi memberikan sambutan atas kehadiran Tim ZI (Agen Perubahan) Kankemenag Kabupaten Pemalang.

Purbalingga – Sejumlah Agen Perubahan sekaligus Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) pada Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang dipimpin Kasubbag TU H. Jaenal Abidin melakukan kunjungan Studi Banding ZI ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Rabu (17/11/2021). Kedatangan tim tersebut diterima dan disambut baik oleh Kepala Kankemenag Purbalingga H. Karsono di ruang kerjanya.

Kedatangan Tim ZI Kankemenag Pemalang tersebut dalam rangka mengkaji tiru pembangunan zona integritas di lingkungan Kantor Kementerian Agama kabupaten Purbalingga. Sebelumnya Kankemenag Purbalingga telah dikunjungi oleh beberapa Tim ZI Kankemenag Kabupaten / Kota yang ada di Jawa Tengah usai lolos Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) dan penilaian ZI – WBK oleh Tim Penilai Internal Itjen Kemenag RI dengan nilai tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi kedua secara nasional beberapa waktu lalu.

Kasubbag Tata Usaha  Kankemenag Purbalingga H. Purwadi dalam sambutannya di Aula Lantai II kantor setempat memberikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan kepada jajarannya. Selain itu ia juga memotivasi para Agen Perubahan pada Tim ZI Kankemenag Pemalang untuk bersemangat untuk dpat melakukan perubahan di wilayah kerjanya dan membangun sinergitas menuju Zona Integritas / Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI /WBK).

Menurutnya dulu di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Departemen Agama waktu itu –red.) sering terdengar adanya berbagai macam pungutan di luar ketentuan resmi pemerintah. Namun dengan berjalannya waktu serta berbagai kebijakan para pucuk pimpinan di Kementerian Agama RI saat ini semua itu telah berubah.

Ia menambahkan, Kantor Kementerian Agamakabupaten Purbalingga melalui komitmen bersama telah menetapkan diri menjadi Zona Integritas menuju Wilayah yang Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi yang Bersih Melayani (WBBM). Menurutnya terasa lebih nyaman menjadi seorang pejabat yang bebas dari berbagai tindak korupsi dan gratifikasi. Apalagi pemerintah telah memberikan penghargaan kepada kinerja para PNS di Kementerian Agama yang lebih baik.

“Dengan adanya penghargaan pemerintah melalui tunjangan kinerja dan uang makan, marilah kita semua untuk bekerja demi kebaikan dan demi Kantor Kementerian Agama kita semua,” ajaknya.

Kasubbag TU Kankemenag Pemalang H. Jaenal Abidin dalam sambutannya menyatakan apresiasi atas capaian pembangunan zona integritas di Kankemenag Purbalingga. Ia berharap Tim ZI Kankemenag Purbalingga dapat memberikan bantuan pemikiran melalui pengalaman dan kemampuannya untuk membantu terwujudnya pembangunan ZI menuju WBK/ WBBM di Kankemenag kabupaten Pemalang. (sar/bd)