Pengawas Madrasah Gelar Penilaian Kinerja Kepala MA.NU 01 Banyuputih

* Pengawas Madrasah Hj. Minarsih, Purwoto dan Kepala MA NU 01 Banyuputih sedang membuka acara Penilaian Kinerja Kepala Madrasah

Batang – Untuk meningkatkan kinerja pemimpin pada Lembaga Pendidikan Ma’arif, Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama (MA NU) 01 Banyuputih melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahun 2021 di ruang Auditorium pada Jumat (26/11) pagi. Penilaian dilakukan oleh 2 pengawas Madrasah dari Kemenag Kab.Kabupaten Batang melalui surat tugas nomor 1470 tahun 2021. yaitu Hj.Minarsih dan Purwoto.

kepala MA NU 01 Banyuputih Mukhsin dalam sambutannya mengajak kepada bapak, ibu guru serta karyawan untuk senantiasa memanjatkan syukur kepada Allah SWT. Karenanya pada hari ini kita masih diberikan banyak nikmat. Lebih-lebih nikmat iman islam sehat wal afiat sehingga kita bisa melaksanakan PKKM tahun 2021. Kemudian ia menyambut kedatangan tim penilai yang hadir.

Ahlan wa sahlan bi khudurikum,sugeng rawuh Ibu Hj.Minarsih, dan bapak Purwoto di MA NU 01 Banyuputih, hari ini mereka hadir menjadi penilai, maka hari ini kita sambut,” tutur Mukhsin.

Dia juga menuturkan bahwa dirinya merasa siap dengan penilaian kinerjanya. Karena pada bulan Oktober kemarin MA NU 01 Banyuputih sudah melakukan akreditasi.

Alhamdulillah PKKM tahun ini dilaksanakan setelah akreditasi sehingga dokumen sudah siap, kemarin kita sudah kerja bhakti mengumpulkan dokumen sesuai komponen masing-masing,” tambahnya,

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah adalah hasil kerja semua pihak di Madrasah, baik kepala, wakil kepala, guru, wali kelas, dan semua steakholder. Jadi walaupun namanya penilaian kinerja kepala madrasah, namun pada hakikatnya adalah penilaian pada semua komponen.

Tim penilai, Hj. Minarsih sangat mengapresiasi atas kekompakan, kerjasama dan prestasi yang sudah diraih oleh MA NU 01 Banyuputih hari ini termasuk pertama kali jadwal PKKM di wilayahnya.

* Pengawas Madrasah Purwoto dengan cermat melihat data dukung kegiatan di MA NU 01 Banyuputih

“Berkat kerjasamanya, kemarin sudah melaksanakan akreditasi, tinggal melengkapi dan menyesuaikan instrumen yang sudah ada, saya apresiasi yang setinggi-tingginya semoga menjadi amal baik bapak ibu dan diterima Allah SWT,” kata Hj. Minarsih membuka sambutannya.

Dia menjelaskan tugas tim penilai adalah menghimpun, menginformasikan sebagai dasar menjaring informasi sampai terakhir yaitu menilai. Pelaksanaan PKKM ini didasarkan pada Peraturan Mentri Agama (PMA) nomor 58 tahun 2017 tentang Kepala Madrasah.

“ Kenapa kok kepala, karena dia itu kita ibaratkan seperti pilot. Pilot itu otomatis tidak bekerja sendiri, ada kopilot, pramugari, operator, apalagi masdrasah sudah mengaplikasikan IT semua, sehingga crew harus membantu semua, semakin pilotnya oke, semakin bisa mengendalikan, mengatur, mengelola supaya terbangnya tepat waktu, begitu juga dengan kepala madrasah,” jelasnya.

Sementara itu penilai ke dua Purwoto dalam komentarnya menyatakan bahwa dari tahun ketahun madrasah kita mengalami pengikatan, menurutnya dunia pendidikan benar-benar mengalami revolusi begitu cepat semua itu dipengaruhi oleh kemajuan di berbagai bidang bidang.

“Ada peningkatan madrsah di tahun ini, dibandingkan tahun sebelumnya, dunia pendidikan mengalami revolusi yang sangat cepat karena pengaruh kemajuan disemua bidang, maka dari itu bapak dan ibu harus beradaptasi dengan dunia global ini,” ujarnya.

Kegiatan PKKM dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi digital, live streaming melalui channel YouTube MA NU 01 Banyuputih yang bisa diakses pada link https://www.youtube.com/watch?v=naGRAUxjGdg, Pelaksanaan PKKM. (Muhammad Asrofi/Zy)