Peringati Hari Guru Nasional, Syafak Tekankan Guru Adalah ‘Pelayan’

Peringati Hari Guru Nasional, Syafak Tekankan Guru Adalah Pelayan

Pati – Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, pimpin upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021 yang bertempat di halaman madrasah, Kamis (25/11). Upacara diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan beserta siswa yang sedang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.

Dalam sambutannya, Syafak menyampaikan bahwa sebagai seorang guru sudah sepatutnya bersyukur dan berbahagia. Pasalnya, guru merupakan pejuang sejati yang bisa memerdekakan jutaan murid.  “Guru adalah profesi tertinggi dan terbaik di antara profesi baik lainnya karena seorang guru telah memberikan ilmu yang tidak terbatas kepada para murid tanpa mengharap imbalan apapun,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa profesi guru merupakan jariyah terbesar. “Ketika guru memberikan ilmu satu kalimat saja dan diamalkan oleh para murid maka pahalanya akan mengalir sampai kapanpun,” jelas Syafak.

Pada peringatan HGN ini, Syafak menegaskan bahwa kedudukan pendidik dan tenaga kependidikan itu sama. “Kedudukan pendidik dan tenaga kependidikan itu sama dalam membimbing para murid, menguatkan potensi dan kemampuan diri, serta menjadi uswatun hasanah baik bagi diri sendiri, keluarga, dan para murid,” jelas Syafak.

Ia juga menekankan kepada pendidik dan tenaga kependidikan agar tetap bisa menjadi pelayan yang baik untuk siapapun.

Tepat di momen peringatan HGN, siswa-siswi MTsN 1 Pati memberikan kado terindah bagi bapak ibu guru dengan perolehan tiga prestasi tingkat kabupaten, yaitu Marisya Ririh Nur Hidayah (Juara II Music Competition), Muhammad Andi Pratama bersama tim (Juara II Musikalisasi Puisi), dan Muhammad Faiq Izza Mahendra (Juara I Pencak Silat virtual).

Atas perolehan prestasi tersebut, Syafak memberikan reward kepada para juara agar mereka termotivasi untuk aktif mengikuti event-event yang akan datang. Di akhir sambutan, ia memberikan ucapan selamat hari guru dan hari ulang tahun PGRI. “Selamat Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun ke-76 PGRI. Guru peduli cerdaskan anak negeri, berkat guru Indonesia maju,” tuturnya.

Sementara salah satu guru, Siti Sa’adah, memaknai hari guru sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap jasa para guru. Selama ini, guru telah berkontribusi terhadap kemajuan suatu bangsa, khususnya dalam menyiapkan generasi penerus yang siap dalam menghadapi perkembangan zaman. “Semoga, saya khususnya, dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai guru yang tidak dibatasi ruang dan waktu,” ujarnya. (TiM/at)