Wujudkan Zona Integritas Melalui Komitmen Bersama

Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga H. Karsono dan Kakankemenag Kabupaten Kendal H. Mahrus didampingi Kepala Subbag Tata Usaha Kankemenag Purbalingga dan Kendal melakukan tukar-menukar cendera mata pada kegiatan Sharing Zona Integritas di Aula Lantai 2 Kankemenag Purbalingga.

Purbalingga – Zona Integritas dan kawasan yang bebas dari korupsi dapat diwujudkan dengan adanya komitmen bersama. Hal tersebut ditegaskan Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Sudiono di Aula Lantai 2 kantor setempat, Jumat (26/11/2021) dalam paparannya menyambut kunjungan Studi Banding Tim ZI Kankemenag Kabupaten Kendal.

Kepada Tim yang berjumlah 21 orang tersebut Sudiono berpesan  agar mereka menjadikan komitmen bersama sebagai kendaraan yang akan membawa mereka menuju kawasan bebas dari korupsi.

“Melalui komitmen bersama seluruh warga di kantor akan merasa memiliki peran. Karena dalam ZI yang ada adalah kerja bareng, bersama-sama, tidak membedakan antara pejabat dan pegawai, antara atasan dan bawahan. Karena semua ikut berperan, tidak ada yang merasa paling penting atau paling berperan, karena semua penting dan semua harus berperan. Karena kesuksesan terwujudnya ZI adalah kesuksesan bersama,” tandasnya.

Menurutnya, tidak mungkin mengkondisikan ribuan orang untuk mendapatkan jawaban memuaskan dari seluruh responden yang disurvei secara acak oleh Kemenpan & RB melalui Badan Pusat Statistik (BPS).

“Satu-satunya cara adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik (excellent service) yang memuaskan masyarakat, tolak gratifikasi dan lakukan pelayanan nol rupiah. Sehingga saat ada survei kita tidak khawatir,” tegasnya.

Sudiono menambahkan, memang di awal akan sangat berat dan membosankan. Ia pun mengakui harus melakukan sosialisasi secara massif kepada seluruh pegawai. Selain itu juga harus didukung dengan Agen Perubahan yang bergerak di bidangnya masing-masing.  

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Karsono dalam sambutannya mengajak seluruh tim yang hadir selaku ASN untuk terus menggalang soliditas dan solidaritas selaku ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Ia pun berjanji untuk memberikan semua yang dimiliki untuk membantu tamunya mengawali pembangunan Zona Integritas di wilayahnya.

“Apapun yang bisa kami penuhi akan kami penuhi, tidak ada yang kami tutup-tutupi,” ungkapnya.

Ia menegaskan, pelayanan kepada masyarakat harus yang terbaik, salah satunya adalah dengan menghadirkan zona integritas.

“Kuncinya pimpinan bisa duduk bersama dengan bawahan, ana masalah dirembug bareng, ana rejeki dipangan bareng, ana utang ditanggung bareng. Tidak perlu khawatir, apalagi saya lihat yang hadir hari ini wajah-wajahnya futuristik, wajah dengan tatapan ke masa depan ,ungkapnya mengundang tawa.

Kakankemenag Karsono mengaku tidak merasa merugi membagikan ilmu dan pengalaman serta seluruh jerih lelahnya bersama tim di jajarannya kepada Tim ZI Kankemenag kabupaten / kota yang hadir ke kantornya.

“Kami selaku tuan rumah akan berusaha memberikan yang terbaik, sehingga ilmu yang ada akan memberikan manfaat kepada yang lainnya,” imbuhnya.

Majeng Sareng

Kakankemenag Kab. Kendal H. Mahrus usai memperkenalkan timnya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi luar biasa kepada Kakankemenag Purbalingga beserta seluruh jajarannya yang telah memberikan semua yang diinginkannya.

“Kami menyampaikan apresiasi luar biasa, dan ikut mendoakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga untuk bisa maju WBBM,” ungkapnya.

Ia berharap melalui jalinan silaturahmi yang terbangun baik tersebut pihaknya bisa membangun wilayahnya untuk bisa majeng sareng (maju bersama – red) dengan Kemenag Purbalingga.* (sar/bd)