Hafiz Ulumuddin Karim, Siswa MTsN 1 Pati Peraih Medali Internasional

Hafiz Ulumuddin Karim, Siswa MTsN 1 Pati Peraih Medali Internasional

Pati – Program robotik MTsN 1 Pati semakin menunjukkan prestasinya. Baru-baru ini, salah satu siswa MTsN 1 Pati kembali menyabet medali di bidang robotic. Ia adalah Hafiz Ulumuddin Karim, peraih medali perunggu dalam ajang Asian Junior Robotic (AJR) Competition kategori Animasi Scratch Senior yang diselenggarakan oleh Racer Robotic pada 27-28 November 2021.

Saat diwawancarai, Hafiz, sapaan akrabnya, mengaku senang sekaligus bersyukur karena kembali bisa mempersembahkan medali untuk madrasah. “Alhamdulillah dalam lomba AJR kemarin saya berhasil memperoleh bronze medal,” ucapnya.

Lebih lanjut ,Hafiz menjelaskan bahwa dalam ajang kompetisi yang diikuti oleh peserta dari tiga negara (Thailand, Malaysia, dan Indonesia) ini, dirinya membuat sebuah animasi yang berjudul Serangan Alien. “ Dalam lomba ini, saya membuat animasi yang berjudul Serangan Alien. Animasi ini bercerita tentang bumi yang diserang oleh Alien, lalu ada tim pembasmi Alien,” jelasnya.

Tak lupa, Hafiz juga mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak madrasah yang telah memberikan kesempatan untuk mengembangkan bakatnya di bidang pemrogaman.  ”Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak madrasah yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat mengembangkan bakat yang saya miliki di bidang pemrogaman,” pungkas Hafiz.

Sementara itu, orang tua Hafiz sekaligus sebagai Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, merasa bangga dan bersyukur. Menurutnya, selama belajar di MTsN 1 Pati, potensi sang anak sangat diperhatikan dan diangkat sehingga hal ini menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam menjuarai setiap event, baik di tingkat nasional maupun  internasional. “Alhamdulillah, di MTsN 1 Pati ini potensi anak saya sangat diperhatikan dan diangkat sehingga dalam kesempatan kali ini anak saya bisa menjuarai di tingkat internasional,” tutur Syafak.

Syafak menjelaskan bahwa visi MTsN 1 Pati yang telah dilakukan pembaharuan beberapa waktu lalu sudah benar-benar terwujud.  Hal ini terbukti dari perolehan prestasi peserta didik yang tidak hanya tingkat daerah saja, tetapi berhasil sampai ke mancanegara. “Keseluruhan ada sekitar 1500-an, untuk yang tingkat internasional ada 41 medali, termasuk yang AJR ini,” ujarnya.  Syafak menyebutkan keberhasilan yang telah diraih ini tidak terlepas dari kontribusi positif dari seluruh stakeholder madrasah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para pembimbing dan bapak ibu guru, terutama kepada anak-anak yang sangat berusaha dengan keras. Semoga rahmat Allah selalu dilimpahkan kepada keluarga besar MTsN 1 Pati,” imbuhnya. (TiM/at)