Kakankemenag Salatiga Sampaikan 9 Pesan Menag pada Giat Pembinaan ASN

Salatiga — Kegiatan Pembinaan ASN di lingkungan Kankemenag Kota Salatiga merupakan agenda rutin setiap awal bulan. Bertempat di Aula Kankemenag Kota Salatiga, kegiatan pembinaan bulan Desember ini diadakan pada hari Senin (06/12). Hadir Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, Kasubbag TU H. M Soleh Mubin, Kasi/Gara, Kepala KUA, Kepala MAN, MTsN, Kepala MIN, Penyuluh, serta  perwakilan ASN masing-masing Seksi/Gara.   

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al Qur’an, dan pembacaan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama. Dilanjutkan dengan laporan Kepala MAN Salatiga, H. Handono yang menyampaikan progres program kegiatan MAN dengan berbagai prestasi dan inovasi yang diciptakan. “Alhamdulillah, saat ini MAN Salatiga merupakan top 64 madrasah nasional di Indonesia. Sebagai madrasah berbasis riset dan Al Qur’an, MAN telah menorehkan berbagai prestasi baik dari segi akademik maupun non akademik.  Tidak hanya siswa, para guru juga selalu kami upgrade kompetensi nya untuk membersamai anak-anak. “ jelasnya.

Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman mengapresiasi prestasi dan inovasi yang telah dikembangkan MAN Salatiga di bawah kepemimpinan H. Handono. “Sebagai satu-satunya MAN di Salatiga, kita keluarga besar Kemenag, harus bersama-sama merawat MAN Salatiga, begitu pula dengan dengan MIN dan MTsN. Dan prestasi yang telah diraih madrasah harus selalu dijaga dengan meningkatkan kinerja.” Kata Taufiq.

Dalam sambutannya, Taufiq menyampaikan 9 Pesan Menteri Agama yakni :

1. Tata Kelola harus lebih baik, dikembangkan digitalisasi dlm pelayanan Kemenag.

2. Mengelola kegiatan secara akuntabel.

3. Pahami postur anggaran tahun 2022 dengan cermat.

4. Pengawasan terhadap amil zakat.

5. Memperkuat koordinasi dengan Pemda  dan ormas keagamaan moderat.

6. Menag berhasil melakukan negosiasi Ibadah Haji dan Umroh kepada Pemerintah. Arab Saudi melebihi ekspektasi.

7. Untuk nataru, koordinasi dengan gereja dan lembaga keagamaan.

8. Kemungkinan berkembangnya varian baru covid, kita galakkan kembali 5M.

9. Tidak berinisiatif dan terlibat dengan transaksi jabatan di semua level.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan SK Kenaikan Pangkat dan SK Kenaikan Gaji Berkala, kamera dari Kanwil Kemenag Provinsi Jateng untuk Humas, dan vandel untuk Dharma Wanita Persatuan sebagai Peserta Terkompak dalam rangka HUT DWP ke-22. (Humas)