KKG PAI Kabupaten Purbalingga Sukses Gelar Lomba Tartiladzash Virtual

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Karsono didampingi Kasi Pendidikan Agama Islam H. Sugeng Riadi berfoto bersama sebagian pemenang lomba usai menyerahkan piala , piagam penghargaan dan uang pembinaan di Aula Uswatun Khasanah.

Purbalingga – Mengisi masa kekosongan kegiatan massal di masa pandemi sekaligus  merawat  semangat siswa dan guru  dalam berkompetisi mengejar prestasi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI -SD ) Kabupaten Purbalingga menggelar Lomba Tartiladzash  Virtual (Tartil Al Quran, Tilawah Al Quran Adzan, Asmaul Husna) Tingkat Kabupaten Purbalingga. Kegiatan yang digelar pertama kalinya di kabupaten Purbalingga tersebut diikuti  17 tim KKG PAI  Kecamatan.

Ketua Panitia Iskandar dalam laporannya di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga, Rabu (15/12/2021) menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dengan biaya swadaya yang bersumber dari iuran KKG PAI Kecamatan se-kabupaten Purbalingga.

Menurutnya ada 7 cabang perlombaan yaitu : Tartil Putra, Tartil Putri, Tilawah Putra, Tilawah Putri, Adzan & Iqomah Putra, Asmaul Husna Putra dan Asmaul Husna Putri.

“Kegiatan ini dapat dianggap sebagai pengganti Lomba MAPSI yang pada tahun 2020 dan 2021 ini mengalami kevakuman akibat adanya pandemi,” ungkapnya.

Iskandar menambahkan, penyelenggaraan kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada para guru dan siswa untuk tetap dekat dengan  Al Quran melalui cabang tartil dan tilawah. Selain itu sesuai dengan masa pandemi  lomba dilaksanakan secara virtual.

“Peserta mengirim penampilan mereka dengan mengunggahnya melalui channel youtube. Ada 2 versi penilaian yaitu penilaian oleh dewan juri dan penilaian pemirsa melalui jumlah like & viewer,” jelasnya.

Penilaian lomba dilaksanakan selama sebulan mulai 6 Nopember sampai dengan 7 Desember 2021. Peserta yang meraih kejuaraan mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Ubah Mindset

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Karsono dalam sambutan pengarahannya mengajak para Pengurus KKG PAI untuk mengubah mindset dan meningkatkan kepercayaan diri sebagai Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI).

“Sesuatu yang baik dan benar harus di-manage dengan baik dan benar pula agar menghasilkan sesuatu yang luar biasa,” ungkapnya.

Menurutnya langkah KKG PAI Purbalingga yang sudah memiliki channel youtube dengan subscriber lebih dari 10.000 dan telah menghasilkan pundi-pundi uang tersebut merupakan bagian dari dakwah.

“Jangan sampai produk kita yang baik kalah dengan produk lain yang tidak selaras dengan nafas Pendidikan Agama. Dan Guru PAI harus progresif dan responsif, menjadi yang nomer 1,” tandasnya.

Ia menegaskan, sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional yang tercantum pada Undang-undang Nomer 20 Thun 2003, maka peran Guru PAI sangat strategis bahkan merupakan yang nomor 1.

“Guru Agama menduduki garda terdepan dalam mewujudkan generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Mahaesa. Dan pada tujuan berikutnya adalah mewujudkan generasi yang berakhlak mulia,” ujarnya.

Menurutnya dengan dasar UU Sisdiknas Tahun 2003 tersebut kedudukan Guru PAI menjadi sangat penting. Sehingga ia mengungkapkan keprihatinannya saat ada Guru PAI yang merasa dirinya tidak penting.

“Mulai sekarang saya berharap Bapak/Ibu bisa menempati posisi pertama sebagai pencetak generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Mahaesa dan berakhlak mulia. Ini amanat Undang-undang yang harus dilaksanakan,” pintanya.

Guru PAI, tambahnya, dapat menempati dua posisi dan fungsi guru yaitu menjadi pengajar dan pendidik generasi penerus bangsa. Karena menurutnya, Guru PAI selain sebagai pentransfer ilmu juga sebagai role model – uswah hasanah bagi peserta didiknya.

Hadir pada kegiatan pembagian hadiah lomba Kasi Pendidikan Agama Islam H. Sugeng Riadi, Pengawas PAI TK/SD Sutaryo dan Sodikin, Pengurus KKG PAI SD Kabupaten Purbalingga serta Ketua, Sekretaris dan Bendahara KKG PAI SD Kecamatan se-kabupaten Purbalingga.* (sar/bd)

Daftar Kejuaraan

Kategori Poin Like & Viewer

Cabang Tartil Putra

Juara 1 : Kecamatan Kemangkon

Juara 2 : Kecamatan Bukateja

Juara 3 : Kecamatan Karangmoncol

Cabang Tartil Putri

Juara 1 : Kecamatan Rembang

Juara 2 : Kecamatan Pengadegan

Juara 3 : Kecamatan Kalimanah

Cabang Tilawah Putra

Juara 1 : Kecamatan Pengadegan

Juara 2 : Kecamatan Karangmoncol

Juara 3 : Kecamatan Bukateja

Cabang Tilawah Putri

Juara 1 : Kecamatan Rembang

Juara 2 : Kecamatan Mrebet

Juara 3 : Kecamatan Kertanegara

Cabang Adzan & Iqomah Putra

Juara 1 : Kecamatan Pengadegan

Juara 2 : Kecamatan Karangmoncol

Juara 3 : Kecamatan Kalimanah

Cabang Asmaul Husna Putra

Juara 1 : Kecamatan Kejobong

Juara 2 : Kecamatan Kertanegara

Juara 3 : Kecamatan Kutasari

Cabang Asmaul Husna Putri

Juara 1 : Kecamatan Karangreja

Juara 2 : Kecamatan Kejobong

Juara 3 : Kecamatan Kutasari

Kategori Penilaian Oleh Juri (5 orang Juri)

Cabang Tartil Putra

Juara 1 : Kecamatan Rembang

Juara 2 : Kecamatan Bobotsari

Juara 3 : Kecamatan Kutasari

Cabang Tartil Putri

Juara 1 : Kecamatan Kaligondang

Juara 2 : Kecamatan Karangmoncol

Juara 3 : Kecamatan Mrebet

Cabang Tilawah Putra

Juara 1 : Kecamatan Bobotsari

Juara 2 : Kecamatan Kutasari

Juara 3 : Kecamatan Padamara

Cabang Tilawah Putri

Juara 1 : Kecamatan Kutasari

Juara 2 : Kecamatan Karangmoncol

Juara 3 : Kecamatan Bobotsari

Cabang Adzan & Iqomah Putra

Juara 1 : Kecamatan Padamara

Juara 2 : Kecamatan Bukateja

Juara 3 : Kecamatan Mrebet

Cabang Asmaul Husna Putra

Juara 1 : Kecamatan Purbalingga

Juara 2 : Kecamatan Rembang

Juara 3 : Kecamatan Bukateja

Cabang Asmaul Husna Putri

Juara 1 : Kecamatan Padamara

Juara 2 : Kecamatan Karanganyar

Juara 3 : Kecamatan Mrebet

Juara Umum

Juara Umum 1 : KKG PAI Kecamatan Kutasari

Juara Umum 1 : KKG PAI Kecamatan Mrebet

Juara Umum 3 : KKG PAI Kecamatan Karangmoncol