Monitoring BOSDA, Kepala Kanwil Kemenag Jateng Beri Pembinaan di MA Salafiyah Kajen Pati

Monitoring BOSDA, Kepala Kanwil Kemenag Jateng Beri Pembinaan di MA Salafiyah Kajen Pati

Pati – Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Pembinaan dan Monitoring BOSDA di MA Salafiyah Kajen Pati dengan didampingi oleh Kepala Kemenag, Kasubag TU dan Kasi Penmad Kemenag Kabupaten Pati pada selasa (14/12).

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Mustain Ahmad menyampaikan tentang Tri Amal Madrasah Jawa Tengah yang menjadi karakter dan ciri khas madrasah.  Pertama adalah  Ke-Islaman dan Ke-Indonesiaan.

Nilai ke-Islaman dan ke-Indonesiaan harus berjalan selaras. Santri-santri jebolan madrasah harus terus dibimbing untuk melanjutkan estafet kepemimpinan formal maupun nonformal. Pembangunan yang sudah diwariskan oleh ulama pendahulu kita hendaknya diteruskan sehingga terjadi kesinambungan pembangunan oleh generasi-generasi berikutnya.

Kedua, Keilmuan dan Kemajuan Teknologi

Untuk memajukan keilmuan haruslah dibarengi dengan kemampuan beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Salah satunya diwujudkan dengan adanya transformasi layanan digital di madrasah. Dengan adanya BOSDA ini selayaknya dapat dialokasikan untuk merealisasikan hal tersebut. Siap tidak siap, mau tidak mau, kita dituntut untuk melek kemajuan teknologi sekarang ini.

Ketiga, Kemandirian dan Keumatan

Kemandirian artinya tidak bergantung pada orang lain. Keumatan artinya mampu menjadi bagian yang tumbuh bersama umat serta bisa berbaur di masyarakat.

“Monitoring BOSDA ini bertujuan untuk memantau penyaluran dan penyerapan dana di madrasah serta penggunaan yang tepat, tentunya semuanya sesuai juknis  yang ditentukan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum MA Salafiyah, Syamsur telah melaporkan bahwa penyaluran dana BOSDA di madrasah ini telah digunakan tepat sasaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan memaparkan  Grand design MA Salafiyah Kajen Pati menuju madrasah unggulan akademik.

Sementara, Ketua Umum yayasan Salafiyah Kajen Ulin Nuha dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah atas Pembinaan dan Monitoring BOSDA di MA Salafiyah.

Dia juga menyampaikan dukungan atas apa yang telah diprogramkan oleh MA Salafiyah. “Kami akan senantiasa mendukung progam MA Salafiyah menuju madrasah unggulan akademik, sebagai bentuk peningkatan kualitas dan perubahan yang progres,” tegas Ulin Nuha. (as/at)