MTsN 1 Pati Ikut Sukseskan 1.000 Kali Khotmil Quran

MTsN 1 Pati Ikut Sukseskan 1.000 Kali Khotmil Quran

Pati – MTsN 1 Pati melaksanakan Khotmil Quran Binnadhor 30 juz pada Jumat (31/12). Bertempat di aula MTsN 1 Pati, Khotmil Quran diikuti oleh seluruh guru dan pegawai dengan prokes ketat. Selain menggelar Khotmil Quran secara tatap muka, MTsN 1 Pati juga mengikuti kegiatan Khotmil Quran melalui zoom meeting yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati.

Sesuai dengan imbauan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin, dalam acara Gebyar Prestasi Madrasah 2021 yang berlangsung Kamis (30/12) kemarin, pihaknya menyebutkan bahwa Khotmil Quran dalam rangka peringatan HAB ke-76 Kemenag RI di wilayah Kabupaten Pati dilakukan sebanyak seribu kali khataman.

Ia juga menekankan agar satu lembaga, baik Kemenag, madrasah, maupun pesantren dapat menyelesaikan minimal satu kali khataman. “Syukur-syukur bisa lebih,” ucapnya. Arifin berharap, dengan adanya kegiatan Khotmil Quran, dapat memberikan keberkahan bagi seluruh keluarga besar Kemenag. “Sehingga apa yang kita kerjakan ini benar-benar dicatat oleh Allah SWT sebagai amal sholeh dan akan bermanfaat untuk masyarakat,” harap Arifin.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, menjelaskan bahwa kegiatan Khotmil Quran merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HAB ke-76 Kemenag di MTsN 1 Pati. Selain bertadarus Alquran dan hadhrah, kegiatan ini juga diisi dengan pembiasaan pembacaan doa, syahadat, dan sholawat.

Syafak menyebutkan, kegiatan Khotmil Quran ini bertujuan untuk mendoakan para syuhada di lingkungan Kemenag dan khususnya bagi pejuang MTsN 1 Pati. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, masing-masing guru dan pegawai mendapatkan pembagian juz, sehingga secara keseluruhan MTsN 1 Pati melaksanakan lima kali khataman. “Alhamdulillah, pagi tadi kami telah melaksanakan lima kali Khataman Quran, semoga mbarokahi dan manfaati bagi kita semua,” ujarnya.

Salah satu pegawai MTsN 1 Pati sekaligus hafidz Quran, Ahmad Kusaeni, mengungkapkan bahwa dalam kegiatan Khotmil Quran ini, dirinya mendapatkan bagian 15 juz. “Alhamdulillah, saya membaca juz 1 sampai juz 15,” ungkapnya. Ia berharap ke depan kegiatan seperti ini dapat diteruskan dan berlanjut satu bulan sekali. (TiM/at/bd)