Peresmian PILaM, Kakanwil Kemenag Jateng Apresiasi Prestasi MAN 1 Pati

Peresmian PILaM, Kakanwil Kemenag Jateng Apresiasi Prestasi MAN 1 Pati

Pati – Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad memberikan apresiasi atas berbagai prestasi yang diperoleh peserta didik MAN 1 Pati. Apresiasi tersebut disampaikan pada rangkaian acara pembinaan dan peresmian Pusat Informasi Layanan Madrasah (PILaM) serta Asrama Siswa yang bersumber dari SBSN, Rabu (15/12/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kankemenag Kab. Pati beserta jajaran pejabat, Anggota Komite MAN 1 Pati, serta civitas akademik MAN 1 Pati.

Pada kesempatan tersebut, Kepala MAN 1 Pati Moh Kodri menyampaikan bahwa ratusan prestasi berhasil diraih oleh siswa MAN 1 Pati pada semester gasal tahun pelajaran 2021/2022 ini. “Prestasi tersebut tidak hanya dari bidang akademik saja, namun juga prestasi non akademik,” ujarnya.

Menurut Kodri, Baru-baru ini dua siswi MAN 1 Pati, Refani Febriosa dan Ita Kurniawati berhasil meraih prestasi bidang non akademik. Refani Febriosa siswa kelas XII IPA berhasil menyabet peringkat 5 dalam ajang Duta Moderasi Beragama tingkat Nasional tahun 2021 yang di selenggarakan oleh direktorat KSKK.

Lanjut Kodri, Ita Kurniawati yang juga duduk di kelas XII IPA-1 berhasil membukukan karya NOVEL-nya menjadi novel best seller dan menjadikan Ita Kurniawati dinobatkan sebagai penulis pendatang baru ter-favorit. Dua karya novelnya yang berjudul Areksa dan Samuel sangat viral dan telah dikontrak oleh MD Entertaiment untuk dibuatkan TV series yang sekarang sudah tahap penaskahan untuk di film-kan.

Sementara, Musta’in Ahmad dalam pembinaannya menyampaikan apresiasi atas prestasi peserta didik MAN 1 Pati yang sangat gemilang dan pantas dibanggakan, apalagi dua novel karya siswi madrasah ini sangat viral dan sangat membanggakan karena telah dikontrak oleh MD Entertaiment untuk dibuatkan TV series yang sekarang sudah tahap penaskahan untuk di film-kan, sungguh prestasi yang langka dan sangat luar biasa.

“Prestasi-prestasi yang diraih oleh peserta didik MAN 1 Pati ini, tidak terlepas dari kerja keras civitas akademik MAN 1 Pati, yang didukung oleh bapak kepala madrasah dan komite MAN 1 Pati. Potensi yang ada ini perlu lebih digali dan diasah kembali, sehingga bisa memberikan peluang yang sangat besar bagi lembaga pendidikan MAN 1 Pati untuk meningkatkan eksistensinya dalam mewujudkan Madrasah yang Hebat dan Bermartabat,” ujar Musta’in.

“Selamat anak-anakku. Teruslah berkarya, gunakan masa muda dengan sebaik mungkin, Semoga bisa terus berprestasi, berkarya, membanggakan orang tua, madrasah, agama, nusa dan bangsa. Ini jadi bukti kalau “Madrasah Mandiri Berprestasi” bukan hanya jadi slogan tetapi kenyataan. Jangan lelah untuk berprestasi dan berkarya, semoga prestasi dan karyamu jadi berkah,” pesan Musta’in kepada Refani dan Ita.

Prestasi yang telah diraih siswa akan lebih lengkap apabila madrasah juga berhasil lolos dalam penilaian program Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK). Untuk itu, MAN 1 Pati telah mempersiapkan banyak hal, salah satunya adalah membangun Pusat Informasi Layanan Madrasah (PILaM) yang diresmikan pada hari tersebut. Musta’in berharap pada tahun 2022 akan ada 10 madrasah yang berhasil meraih predikat WBK, termasuk didalamnya adalah MAN 1 Pati.

Setelah acara pembinaan, kegiatan ini diakhiri dengan peresmian PILaM dan Asrama Siswa MAN 1 Pati. Asrama tersebut merupakan realisasi dari bantuan SBSN yang diberikan oleh direktorat KSKK Madrasah dan Ditjen Pendis Kemenag RI. (ar/at)