Peringati Hari Ibu, Kepala MTsN 1 Pati Tegaskan Ibu Sosok yang Luar Biasa

Peringati Hari Ibu, Kepala MTsN 1 Pati Tegaskan Ibu Sosok yang Luar Biasa

Pati – MTsN 1 Pati menggelar apel peringatan Hari Ibu Nasional ke-93 tahun 2021, pada Kamis (22/12). Bertempat di Green Hall MTsN 1 Pati, apel diikuti guru, pegawai, dan mahasiswa Universitas Islam Nahdlotul Ulama (Unisnu) Jepara. Uniknya, dalam apel kali ini para peserta mengenakan baju adat Pati dan sebagai petugas adalah para ibu guru. Acara ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pembina apel, Asmonah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran ibu tidak bisa tergantikan oleh apapun dan siapapun, akan tetapi seorang ibu bisa mengantikan peran apapun dan peran siapapun. “Ibu adalah koki yang luar biasa, ibu juga berperan sebagai dokter dan perawat. Ibu adalah madrasatul ula,” tegasnya.

Asmonah juga menjelaskan bahwa kita harus senantiasa berbuat baik kepada ibu dan kedua orang tua kita sesuai dengan petikan ajaran akhlaq dalam Al Quran surah Al Isra’ ayat 23-24 . “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menekankan agar seluruh peserta apel dapat berintrospeksi diri sehingga mampu menghormati, menyayangi, dan mengasihi kedua orang tua.

Fariqah, salah seorang petugas apel, berharap dalam peringatan Hari Ibu ini, para ibu tetap semangat, kuat, selalu menjalin kasih sayang sebagai kodrati antara ibu dan anak. Selain itu,  sadar dan ikhlas dalam membangun bangsa dan negara. “Sehingga sesuai dengan tema hari Ibu tahun 2021 ini yakni Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, mengungkapkan jika seorang ibu merupakan sosok yang luar biasa, serba bisa jika diberi tanggung jawab. Pada kesempatan itu, Syafak juga memberikan ucapan selamat hari Ibu bagi seluruh ibu di Indonesia. “Selamat dan sukses Hari Ibu 2021 bagi seluruh ibu di Indonesia, terutama ibu-ibu di MTsN 1 Pati. Semangat mengukir prestasi bersama siswa-siswi,” ungkapnya. (TiM/at/bd)