PNS MTsN 3 Pati Ikuti Bimtek Penyusunan SKP

PNS MTsN 3 Pati Ikuti Bimtek Penyusunan SKP

Pati – MTsN 3 Pati mengadakan sosialisasi dan bimtek pengisian SKP tahun 2021, pada Sabtu (11/12). Bertempat di aula madrasah, kegiatan diikuti oleh 22 PNS MTsN 3 Pati dengan mendatangkan narasumber dari tim penilai angka kredit Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

“SKP atau Sasaran Kinerja Pegawai merupakan rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS), dimana kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan harus dapat diuraikan secara jelas. SKP wajib disusun oleh seluruh PNS/ASN baik Jabatan Fungsional Umum (JFU), Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan pejabat Struktural (Eselon I – Eselon V) sesuai dengan rencana kerja instansi atau organisasi yang kemudian dinilai oleh atasan atau pimpinan langsung penyusun SKP,” kata Ali Musyafak, Plt Kepala MTsN 3 Pati di awal sambutannya.

Lebih lanjut Syafak mengatakan bahwa setiap PNS wajib bersyukur karena di masa pandemi seperti ini PNS tidak terdampak sedikit pun, sebagai bentuk rasa syukur, kita wajib bekerja secara profesional, disiplin dan siap menjadi pelayan terbaik. Di samping itu semua guru harus membuat perencanaan proses pembelajaran dan mempunyai target kinerja yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu, “Bapak ibu guru MTsN 3 Pati memiliki kewajiban untuk membuat perencanaan proses pembelajaran serta mempunyai target kinerja yang harus dicapai,” ujarnya

Dalam kegiatan ini, Zaenal Arifin selaku narasumber memberikan penjelasan secara detail tentang kegiatan tugas jabatan, unsur, dan sub unsur kegiatan. Di samping itu, dijelaskan pula tentang PKB, baik berupa pengembangan diri ataupun publikasi ilmiah yang dapat meningkatkan kompetensi guru.

Pada kesempatan terpisah, Warno, selaku Waka Kurikulum mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat tepat sasaran karena selama ini MTsN 3 Pati belum pernah mendapatkan sosialisasi pengisian SKP. “Dengan adanya kegiatan ini sangat membantu guru di madrasah untuk membuat perencanaan kegiatan,” jelasnya.

Kegiatan berakhir dengan produk SKP masing-masing PNS yang nantinya siap diaplikasikan dalam kegiatan satu tahun. Roda perubahan ini akan terus bergelora menyongsong MTsN 3 Pati yang MANUNGGAL. (hs/at)