Ratusan Siswa MIN 1 Pati Galang Dana untuk Korban Gunung Semeru

Ratusan Siswa MIN 1 Pati Galang Dana untuk Korban Gunung Semeru

Pati – Terjadinya erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur terus mengundang empati dari berbagai kalangan masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh ratusan siswa-siswi Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pati, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, yang melaksanakan penggalangan dana pada Rabu (8/12/2021).

Sebelum pengumpulan dana, para guru juga memberikan pengertian terhadap para siswa, terkait musibah bencana erupsi Gunung Semeru, yang mengakibatkan memakan korban jiwa, puluhan rumah dan fasilitas umum rusak parah.

Selanjutnya para siswa-siswi dengan antusias menggalang dana dari uang saku para siswa. Mereka memasukkan uang saku mereka ke dalam kotak yang dibawa oleh para guru.

Aksi ini merupakan bentuk kepedulian dan empati mereka kepada para korban erupsi Gunung Semeru. karena saat ini para korban bencana alam di Lumajang sangat membutuhkan bantuan, akibat harta-benda mereka rusak dan hilang akibat tertimpa awan panas.

“Saya sebagai anak bangsa di MIN 1 Pati, turut prihatin melihat kondisi korban erupsi, semoga yang meninggal di tempatkan di SyurgaNya Allah sebagai Syuhada’ dan korban yang masih hidup diberikan ketabahan, amin…,” Kata Syifa, siswi kelas 5 MIN 1 Pati.

Usai pengumpulan dana, para siswa juga menggelar doa bersama agar para korban yang meninggal diterima oleh Allah SWT.

“Jadi aksi ini sebagai edukasi kepada anak didik Kami, untuk menumbuhkan rasa empati mereka. Dan pada kegiatan ini kami laksanakan pengumpulan donasi dan juga doa bersama untuk korban bencana alam erupsi gunung Semeru di Lumajang, Semoga diberikan ketabahan untuk semua para korban,” terang Ni’am, Kepala Madrasah MIN 1 Pati.

Rencananya donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati (Program BAZNAZ) yang nantinya akan disalurkan langsung ke Lumajang. (lo/at)