Sambut HAB ke 76, Kemenag Pati Gelar Aksi Donor Darah

Sambut HAB ke 76, Kemenag Pati Gelar Aksi Donor Darah

Pati – Bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pati, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama tahun 2022. Kegiatan donor darah dilakukan di Aula lantai II Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Selasa (28/12).

Sukarelawan yang mendonorkan darahnya adalah sebagian besar ASN Kemenag Pati.

KaKanKemenag Pati Ali Arifin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PMI Kab. Pati dan juga semua pendonor yang dengan sukarela membantu kelancaran kegiatan donor darah ini.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan setiap tahun karena dengan donor darah maka akan mengurangi resiko penyakit jantung, membakar kalori, meningkatkan produksi darah serta merupakan bagian periksa kesehatan kita,” ujarnya.

Sementara, Kasubag TU Kemenag Pati Ahmad Syaiku saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya untuk ASN Kemenag saja tapi bisa diikuti oleh masyarakat umum yang dengan sukarela ingin mendonorkan darahnya guna membantu PMI dalam menambah persediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. “Kita melakukan kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HAB ke-76 Kementerian Agama,” ujarnya.

Menurut Syaiku bahwa tujuan utama aksi donor darah adalah untuk kemanusiaan dan membantu sesama yang membutuhkan. “Inilah salah satu bentuk solidaritas sosial Kementerian Agama Kabupaten Pati dan pelaksanaannya sudah tiap tahun rutin kita selenggarkan,” ujarnya.

Hasilnya, 43 kantong darah berhasil dikumpulkan pada aksi donor darah tersebut. Tercatat 50 orang yang terdaftar untuk mendonorkan darahnya, akan tetapi hanya 43 orang yang berhasil mendonorkan darahnya. Hal tersebut di karenakan tidak terpenuhinya syarat-syarat sebagai pendonor, di antaranya, berat badan kurang dari 45 kg, ada yang hipertensi, HB rendah, ada yang hamil, menstruasi dan lain sebagainya. (at/bd)