Sebelum Penilaian Akhir Semester MAM Limpung Gelar Senam Bersama

* Para siswa dan Guru MA.Muhammadiyah Limpung tampak semangat mengikuti kegiatan senam bersama

Batang – Sebagai bentuk kegiatan akhir disemester gasal ini, MA. Muhammadiyah Limpung menggelar senam bersama yang diikuti oleh seluruh siswa,guru dan karyawan di halaman madrasah pada Selasa (30/11) yang lalu. Kegiatan ini dijadwalkan setiap triwulan sekali dipandu oleh instruktur senam.

Kepala Madrasah, Ahyaudin dalam keterangannya mengatakan bahwa tujuan dari senam bersama itu selain untuk menjaga kebugaran juga untuk memupuk rasa kebersamaan antara guru,karyawan dan para siswa.

“ Tujuan senam ini di samping untuk kebugaran jasmani juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar warga madrasah,” kata Ahyaudin.

Dia juga mengajak pada seluruh guru dan karyawan untuk bergabung bersama siswa agar kekeluargaan antara guru dan siswa dapat terwujud, menurutnya para guru dan karyawan sebagai anggota madrasah yang lebih tua dapat memberi motivasi secara langsung pada para siswa.

“ Menyatunya guru dan siswa ini akan bermanfaat, paling tidak kita yang dewasa dapat memberi motivasi pada para siswa tentang pentingnya kesehatan sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas kita,” tegasnya.

Sementara penanggung jawab kegiatan Muniroch dalam dalam penjelasannya mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas X-XII MIPA/IPS. Menurutnya senam ini untuk merelaksasi para siswa dan guru yang sebentar lagi akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS)

“PAS akan dilaksanakan diawal Desember ini, segala persiapan telah dilakukan oleh mereka sebagaimana mestinya, salah satunya kita berharap semoga anak-anak sehat dan bisa mengerjakan ujian dengan serius serta seluruh warga madrasah sehat, bahagia, dan imun terjaga, maka senam inilah sebagai salah satu ikhiar kita,” jelas Muniroch.

Adapun instruktur senam Isfiyanti dalam komentarnya menyampaikan bahwa dirinya sangat senang karena para peserta sangat antusias, semoga keringat yang keluar karena senam dan teriknya matahari itu akan menambah kesehatan.

 “Alhamdulillah senam bersama berjalan dengan lancar dan baik, para siswa dan guru gembira dan antusias mengikutinya,” komentarnya.

Setelah  senam selesai dilanjutkan kebersihan lingkungan madrasah untuk menyongsong Penilaian Akhir Semester (PAS). Setiap kelas bertanggung jawab pada kelasnya masing-masing yang didampingi oleh wali kelas. Para siswa dengan penuh semangat dan bergotong royong menyapu, mengepel, dan membersihkan kaca di kelas masing-masing.

Salah satu wali kelas X MIPA Heni Tri Wardani, menyampaikan bahwa tujuan kebersihan kelas agar para siswa dalam mengikuti PAS dapat mengerjakan soal dengan nyaman, tenang, dan konsentrasi penuh.

“Semoga pelaksanaan penilaian akhir semester (PAS) gasal 2021/2022 berjalan lancar dan hasil yang maksimal,” tutur Heni Tri Wardani. 

Diakhir kegiatan  para siswa melakukan penyelesaian administrasi ujian antara lain cek catatan dengan guru mapel, tugas yang belum terselesaikan, infak syahriyah, pembayaran PAS, serta pembagian kartu ujian oleh masing-masing wali kelas. (Hana Rizayanti / Zy)