Testing Kitab dan Tahfidz, Jaga Tradisi MA Salafiyah Kajen Pati

Testing Kitab dan Tahfidz, Jaga Tradisi MA Salafiyah Kajen Pati

Pati – Pada akhir semester gasal tahun pelajaran 2021/2022 ini, MA Salafiyah Kajen Pati kembali melaksanakan kegiatan testing kitab kuning dan testing tahfidz di setiap jenjang mulai kelas X sampai kelas XII. Kegiatan dilaksanakan tanggal 25 November hingga 2 desember 2021 secara terjadwal sesuai dengan Jurusan dan Konsentrasi.

Pelaksanaan testing bagi peserta didik jurusan IPA dan IPS konsentrasi Kitab Kuning dan konsentrasi Tahfidz dilaksanakan mulai tanggal 25 – 30 November.  Sedangkan jurusan IPA dan IPS reguler testing dilaksanakan pada tanggal 1-2 desember 2021.

Kepala MA Salafiyah Kajen Pati, Ulil Albab menjelaskan bahwa kegiatan testing tersebut sudah menjadi tradisi di madrasah ini. ” Testing Kitab Kuning dan Tahfidz adalah agenda rutin, bahkan sudah menjadi tradisi. Kami ingin melihat seberapa jauh mengantarkan peserta didik mampu menghafal sebagian surah-surah Al Qur’an yang telah kita tentukan.” Ujarnya.

“Disamping itu, kami ingin peserta didik kami bisa memahami ajaran-ajaran Rasulullah dari sumber asalnya yaitu Al Qur’an dan Hadits, dan kitab-kitab salaf yg di susun oleh ulama’ Salaf yang keilmuannya begitu komprehensif,” imbuhnya

Sementara kordinator Kitab Kuning dan Tahfidz di MA Salafiyah Kajen Pati, Yasin Rahmat menjelaskan tentang materi dan target dalam pelaksanaan testing tersebut. “Materi testing berbeda setiap jenjang maupun konsentrasi jurusan masing-masing. Baik itu kelas konsentrasi Reguler, kelas konsentrasi Saintek, kelas Konsentrasi Kitab kuning, maupun kelas konsentrasi Tahfidz,” terang Yasin.

“Materi uji menggunakan kitab Tahrir mulai dari muqoddimah sampai selesai bab ‘ubudiyyah. Target kelas konsentrasi Kitab Kuning yang wajib di penuhi dalam testing adalah mampu membaca kitab tahrir secara lancar dengan mengurai tarkib, i’rob, dan bentuk-bentuk kalimat sesuai qaidah nahwu dan sorof. Kelas konsentrasi Tahfidz targetnya mulai juz 1 sampai juz 15 selama tiga tahun mulai kelas X hingga kelas XII. Sedangkan untuk kelas reguler dan saintek targetnya kelas X hafal juz 30, kelas Xl suroh Yasin, dan kelas Xll suroh Arrohman,” Urai Yasin mengakhiri penjelasnnya. (as/at)