IPNU-IPPNU Berkhidmat Pada Boarding School MAN 1 Pati

IPNU-IPPNU Berkhidmat Pada Boarding School MAN 1 Pati

Pati – Pimpinan cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Pati bersama Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Margorejo menggelar sosialisasi dan pembentukan kepengurusan Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) di Boarding School “Ulul Albab”  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pati Dadirejo, Margorejo, Pati, Minggu (16/1).

Bertempat di Aula Boarding School Ulul Albab Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati, sosialisasi dan pembentukan kepengurusan ini diikuti oleh seluruh santri putra maupun putri sebanyak 300 santri.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan IPNU-IPPNU secara khusus, dan NU secara umum, serta bagaimana kaitan diantara keduanya. Dari kegiatan ini sekaligus dibentuk Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU di Boarding School Ulul Albab MAN 1 Pati.

Ketua PAC IPNU Margorejo, Choirul Rifki menyampaikan langsung materi sosialisasi. Ia menyampaikan secara singkat mulai dari apakah itu NU dan bagaimana tugasnya, apa saja badan otonom NU dan tugasnya, apa itu IPNU-IPPNU beserta fungsinya sebagai salah satu badan otonom NU. Menurutnya, di Sekolah/Pesantren penting didirikan komisariat IPNU-IPPNU karena banyaknya manfaat yang akan diperoleh.

Para santri boarding sangat terbuka dan antusias terhadap rekan-rekanita IPNU-IPPNU PAC Kecamatan Margorejo, ini terbukti dengan banyaknya respon aktif yang dilontarkan dari para santri, begitulah kegiatan berjalan dengan sangat lancar. Acara tersebut dihadiri oleh segenap pengelola dan asaatid boarding school Ulul Albab dan Berlangsung mengalir dan khidmat yang juga diselingi dengan Ice Breaking session.

Rifki juga menyampaikan, bahwa mengabdikan diri di NU merupakan salah satu upaya menyambungkan sanad keilmuan dengan para kiai dan guru, utamanya muassis NU. “Orang tua kita NU, Kiai kita NU, Guru kita NU. Jadi, tidak alasan bagi kita untuk tidak berkhidmat di NU. Mengabdikan diri pada NU adalah salah satu upaya kita untuk menyambungkan sanad keilmuan kita. Sebab salah satu syarat barokahnya ilmu adalah bersambung sanadnya,” tegas mas Coy, sapaan akrabnya.

Selain itu, Ketua PAC IPNU margorejo ini juga mengajak para santri Ulul Albab untuk mengabdikan diri pada NU, melalui IPNU dan IPPNU dan sekaligus membentuk kepengurusan Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) Ulul Albab MAN 1 Pati.

Ketua PAC IPNU margorejo dan segenap anggota berterima kasih kepada kepala MAN 1 Pati serta segenap civitas academik dan pengurus boarding school madrasah yang sudah memfasilitasi guna membentuk komisariat. “Semoga kedepannya bisa lancar semuanya,” Aamiin. (ar/at/bd)