Kankemenag Kota Semarang Tingkatkan Kekompakan Melalui Outbound

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang–Kankemenag Kota Semarang gandeng Madani Adventure gelar kegiatan Capacity Building melalui outbound di Green Valley Resort Bandungan Kabupaten Semarang, Sabtu (29/1).

Kegiatan ini diikuti oleh pejabat struktural, pegawai ASN dan non ASN, penyuluh agama dan guru lintas agama serta pengawas pendidikan di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

“Jumlah peserta kegiatan ini ada 154 orang baik berasal dari internal kantor kota, KUA kecamatan, madrasah negeri dan swasta, penyuluh dan guru agama lintas agama, serta pengawas PAI dan pendidikan masdrasah,” terang Mawardi selaku Ketua Kegiatan Capacity Building.

Peserta diberangkatkan menggunakan 3 bis dari Kankemenag Kota Semarang.

“Kami jadwalkan peserta berangkat pukul 06.15 WIB dari kantor, dan alhamdulillah semuanya berjalan lancar,” tutur Habibil Huda selaku koordinator bis.

Sesampai di lokasi, peserta kegiatan telah disuguhkan dengan beberapa jenis permainan oleh pihak Madani Adventure.

“Selamat datang peserta dari Kankemenag Kota Semarang, permainan kali ini bersifat kelompok, kerja tim, jadi keberhasilan yang dicapai merupakan hasil kerja sama tim, inilah tujuan dari permainan ini yaitu membangun solidaritas antar anggota sehingga tercapai goal dari setiap permainan,” ucap Ahmad Dani, instruktur outbound dari Madani Adventure kepada peserta kegiatan.

Jenis permaian outbound yang dipilih mengutamakan kerja sama tim, interaktif dan kreatif, hal ini dimaksudkan dalam rangka pembangunan kerja tim dimana harapannya melalui kegiatan outbound ini dapat membangun sinergitas antar pegawai di lingkungan Kankemenag Kota Semarang, guna mewujudkan peningkatan kinerja dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Peserta dibagi dalam 10 kelompok dimana masing-masing kelompok beranggotakan 10 hingga 15 orang. Masing-masing kelompok melakukan 4 jenis permainan diantaranya permainan memindahkan air secara estafet menggunakan tempayan, meletakkan bola di atas pipa dengan menggunakan beberapa utas tali, menata lego sesuai dengan modul serta membentuk piramida dari gelas plastik yang disusun ke atas sedemikian rupa.

Nampak masing-masing kelompok memiliki strategi sendiri-sendiri guna tercapainya hasil yang terbaik. “Inilah tujuan utama Kami, bagaimana menumbuhkan semangat juang, kerja sama dan kreativitas dari masing-masing individu dalam kelompok guna tercapainya tujuan dari permainan. Selaras dengan tujuan kegiatan outbound ini, hal-hal tersebut juga akan terimplementasikan dalam pelaksanaan tugas kedinasan sehari-hari,” tutur Kepala Kankemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah yang ikut dalam kegiatan outbound ini.

“Tidak hanya refreshing, tapi ada muatan yang ingin Kami sampaikan kepada peserta, dalam bentuk yang bukan klasikal,” imbuh Mukhlis.–NBA/bd