Kepala Kemenag Demak Terima Mahasiswa PPL UIN Walisongo Semarang

Demak – Kepala Kemenag Demak, H. Ahmad Muhtadi, didampingi oleh Humas, pagi itu menerima 10 mahasiswa calon peserta Program Pengalaman Lapangan (PPL) di ruang rapat kepala, Kamis (06/01/2022)

Mereka adalah mahasiswa UIN Walisongo Semarang jurusan Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Menurut rencana selama 1 bulan ke depan akan melaksanakan PPL di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak.

Kedatangannya didampingi oleh dosen pembimbing, H. Kasmuri. “Pertama, kami mengucapkan banyak terimakasih, Bapak Kepala Kantor menerima kami dengan baik serta mengizinkan mahasiswa kami PPL di kantor ini,” ucapnya dalam acara penyerahan mahasiswa pagi itu.

“Mereka adalah mahasiswa kami yang ingin menimba ilmu dan pengalaman di kantor ini selama satu bulan ke depan. Kami menyadari, ilmu yang kami berikan selama mereka belajar di kampus baru sebatas teori. Sehingga kondisi riil di lapangan, bagaimana cara bekerja memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat belum sama sekali punya pengalaman. Oleh karenanya bersama ini mohon  kiranya Bapak Kepala Kantor beserta jajarannya berkenan memberikan bimbingan, pengarahan, dan menularkan pengalamannya kepada mahasiswa kami,” pintanya.

Selanjutnya Ahmad Muhtadi selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang. Ia mempersilahkan para mahasiswa menggali pengalaman sebanyak-banyaknya di instansi yang dipimpinnya. “Silahkan gali dan dapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Jangan segan dan sungkan untuk bertanya bila perlu. ” ujar orang yang juga pernah mengenyam pendidikan S1 di kampus yang sama dengan para peserta PPL itu.  

“Kami dengan senang hati akan membantu. Sebagai anak muda jangan pernah lelah untuk mencari ilmu,  mencari pengalaman,” pintanya memotivasi. Seperti dirinya, di usianya yang telah mencapai lebih dari setengah abad, masih tetap bersemangat  menyelesaikan pendidikan S3 nya.

Selanjutnya 10 mahasiswa yang berasal dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur itu, bahkan salah satunya berasal dari Kalimantan Tengah,  selanjutnya ditempatkan di beberapa seksi. Selama setengah bulan mereka akan berganti tempat dengan teman lainnya supaya mendapatkan pengalaman yang lebih beragam.

Sebagai informasi, di bulan Januari ini,  Kemenag Demak juga akan menerima 5 orang mahasiswa PPL dari UIN Walisongo Semarang jurusan Manajemen Haji dan Umroh, dan 6 orang mahasiswa Fakultas Dakwah dari UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.(msr/rf)