Kerjasama Dengan Satlantas Polres Kebumen MAN 1 Diklat Anggota PKS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Guna meningkatkan kualitas anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di madrasahnya, MAN 1 Kebumen berikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepada 80 orang anggotanya pada 26 – 27 Januari 2022.

Dipusatkan di GOR MAN 1 Kebumen, diklat kali ini mengusung tema “Peran PKS dalam Mewujudkan Madrasah Tertib, Disiplin, dan Mandiri Berprestasi”. Hadir sebagai narasumber diantara AIPTU Jono, Musyakir, S. H.I.,  Erwin Yulianto, S.H.dari Satlantas Polres Kebumen.

Selain dari Satlantas Polres Kebumen, turut hadir mengisi materi dari Dinas Perhubungan Kebumen Yohanes Agung Pambudi, S.Sos., M.M., Kabid Lantas, dan Sukirman, S.Sos. Kasi Keselamatan ditemani dua anggota lainnya.

H. Sodikun Kepala MAN 1 Kebumen menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberi pendidikan dan pelatihan kepada peserta didik anggota ekstrakurikuler PKS tentang bagaimana disiplin berlalu lintas , keamanan, dan  cara mengatur lalu lintas.

“Tujuan utama kami adalah untuk melatih siswa agar berdisiplin bertanggung jawab dan berdikari,” tandasnya.

.“Harapan saya dengan terlaksananya kegiatan ini akan terwujud madrasah yang aman, disiplin, mandiri dan berprestasi” tambah H. Sodikun.

Sebagai informasi, Patroli Keamanan Sekolah (PKS) adalah salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler yang umum ditemui di sekolah-sekolah di Indonesia. Secara garis besar PKS mengemban tugas mengatur lalu lintas di lingkungan madrasah dan lingkungan sekitar madrasah, terutama pada saat menyeberangkan peserta didik yang akan menuju ke madrasah maupun yang akan meninggalkan madrasah. Selain itu PKS juga sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negatif yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru.

Di MAN 1 Kebumen, PKS merupakan salah satu ekstrakurikuler unggulan yang dikenal dengan dedikasi dan kedisiplinan para anggotanya dalam melaksanakan tugas.(fz/bd).