MTsN 1 Pati Teken MoU Madrasah Sahabat Lintas Kabupaten

MTsN 1 Pati Teken MoU Madrasah Sahabat Lintas Kabupaten

Pati – MTs Negeri 1 Pati menandatangani nota kesepahaman Sahabat Madrasah dengan MTs Mathalibul Huda Mlonggo, Jepara pada Rabu (26/1). MTs Mathalibul Huda menjadi sahabat madrasah yang kedua belas, setelah MTs Silahul Ulum Trangkil Pati. Acara yang digelar di Mini Room asrama siswa MTsN 1 Pati dihadiri oleh wakil kepala madrasah bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, kehumasan, dan pengurus Yayasan Mathalibul Huda.

Nor Kholik, Kepala MTs Mathalibul Huda, mengungkapkan kerja sama ini dilandasi karena adanya evaluasi program yang telah dilakukan oleh pengurus madrasah. “Evaluasi kami terutama pada program peningkatan mutu pendidikan, khususnya di kelas unggulan. Oleh karena itu, kami mendapat amanah untuk silaturrahim atau ngangsu kawruh di MTsN 1 Pati yang notabenenya sudah baik. Kerja sama ini merupakan pemecut agar kami ke depan menjadi lebih baik lagi,” ungkap Nor Kholik.

Nur menyebutkan bidang kerja sama dengan MTs Negeri 1 Pati meliputi berbagai aspek, terutama di bidang akademik dan non akademik. “Setiap madrasah memiliki spesifikasi masing-masing.  Kira-Kira apa yang bisa kami lakukan-akan kami lakukan, dan tidak ngoyo woro,” tuturnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa MTs Mathalibul Huda sudah memiliki ribuan siswa sehingga potensi siswa dapat dikembangkan secara maksimal. “Kami punya 31 rombel dan 1130 siswa. Kalau memang tidak manfaatkan dengan betul, nanti tidak akan menjadi baik,” imbuhnya.

Ia berharap agar kerja sama ini dapat terjalin dengan baik dan mampu memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. “Semoga kami bisa menjalin komunikasi dengan baik, minimal mengikuti langkah-langkah yang seiring, seirama dalam hal pelayanan kepada  siswa,” harapnya. Tak lupa, Nur juga mengucapkan terima kasih karena telah disambut dengan baik oleh MTs Negeri 1 Pati.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, mengungkapkan jika program sahabat madrasah dengan MTs Mathalibul Huda merupakan sahabat madrasah yang kedua belas. “Sebelumnya, saya sudah mempunyai sebelas madrasah dan MoU sahabat madrasah kali ini yang kedua belas,” ungkap Ali Musyafak.

Dalam kesempatan itu, ia menekankan bahwa manajemen pendidikan yang diterapkan di MTs Negeri 1 Pati meliputi tiga hal, yaitu uswatun hasanah, menjadi pelayan, dan istiqomah.

Syafak menyebutkan bahwa sahabat madrasah MTsN 1 Pati telah maju dengan pesat, bahkan mampu menjadi juara nasional di bidang robotik. “Ada salah satu sahabat madrasah kami yang bisa mengalahkan MTsN 1 Pati di bidang robotik, yaitu MTs Manahijul Huda Ngagel. Untuk itu, mudah-mudahan kerawuhan panjenengan dari MTs Mathalibul Huda ini dapat memberkahi madrasah kami, dan panjenengan juga bisa mengambil manfaat dari kami,” pungkasnya. (TiM-at/Sua)