Peringati HAB ke-76, MTsN 1 Pati Tekankan Transformasi Melayani Umat

Peringati HAB ke-76, MTsN 1 Pati Tekankan Transformasi Melayani Umat

Pati – Puncak peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama RI, MTsN 1 Pati menggelar upacara bendera pada Senin (3/1). Bertempat di halaman madrasah, kegiatan upacara diikuti oleh guru, pegawai, dan siswa yang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.

Asmonah, pembina upacara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Menurutnya, dengan adanya dukungan dan perhatian dari Kementerian Agama, saat ini madrasah semakin eksis dan berprestasi, termasuk MTsN 1 Pati. “Selama tahun 2021, MTsN 1 Pati berhasil memperoleh sebanyak 1.909 pretasi,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan berbagai penghargaan telah diterima oleh MTsN 1 Pati, salah satunya penghargaan The Best Achievement of Madrasah Tsanawiyah yang diberikan pada saat upacara peringatan HAB di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati.

“Saat ini Bapak Kepala Madrasah kita sedang menerima penghargaan The Best Achievement of Madrasah Tsanawiyah tahun 2021. Ini merupakan berkat rahmat Allah Swt., syafaat Rasulullah, karomah Waliyullah, dan juga doa dari kita semua. Oleh sebab itu, wajib kita syukuri,” ungkapnya.

Di akhir sambutan, Asmonah menekankan kepada para peserta upacara agar menjadikan agama sebagai inspirasi dan penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. “Untuk itu, marilah kita jadikan agama sebagai inspirasi, sekaligus sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas,” tegasnya.

Ketua panitia, Faiz Affan, menjelaskan bahwa selain menggelar kegiatan upacara bendera, MTsN 1 Pati juga mengadakan berbagai kegiatan, di antaranya ziarah ke makam pejuang MTsN 1 Pati, santunan yatama dan doa bersama, serta donor darah.

“Rangkaian kegiatan pagi ini setelah upacara, kita mengadakan ziarah ke makam para pejuang MTsN 1 Pati, yaitu  di Makam Toro dan Muris di Desa Pekalongan, Winong. Setelah itu, kita memberikan santunan dan donor darah,” tuturnya. Ia menyebutkan bahwa dalam acara santunan dan doa bersama, terdapat 18 yatama yang menerima santunan.

Lebih lanjut, Faiz menuturkan jika kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Pati ini diikuti oleh 32 pendonor yang berasal dari guru, pegawai, dan alumni MTsN 1 Pati. “Terima kasih kepada pihak PMI Kabupaten Pati atas bantuan dan kerja samanya. Alhamdulillah, sudah terkumpul 32 kantong darah,” imbuhnya.  

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, mengungkapkan bahwa serangkaian kegiatan peringatan HAB Kementerian Agama RI ke–76 di MTsN 1 Pati berjalan lancar dan sukses.

Alhamdulillah, kegiatan hari ini lancar. Sedikit kepedulian kita, berarti banyak  bagi mereka dan setetes darah kita sangat membantu untuk kemanusiaan,” tandasnya. Ia berharap agar semua warga MTsN 1 Pati dapat menjadi pelayan terbaik bagi umat pendidikan. “Tingkatkan pelayanan umat, semoga kita tetap mendapat barokah dan selamat dunia akhirat. Salam HAB Kemenag,” pungkas Syafak. (TiM/at/bd)