MTsN 1 Pati Kembali Teken MoU Sahabat Madrasah

Perkokoh Mutu Madrasah, MTsN 1 Pati Teken MoU Sahabat Madrasah

Pati – Setelah berhasil menggandeng sepuluh madrasah di wilayah Kabupaten Pati sebagai sahabat madrasah, MTsN 1 Pati kembali menandatangani nota kesepahaman dengan MTs Silahul Ulum, Asempapan, Trangkil pada Senin (17/1).

Penandatanganan kerja sama di bidang mutu pendidikan ini  disaksikan  oleh wakil kepala bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasana, dan hubungan masyarakat dari masing-masing madrasah. Acara yang bertempat di ruang digital 1 MTsN 1 Pati digelar secara terbatas dengan menaati protokol kesehatan.

Kepala MTs Silahul Ulum, Hariri, menyampaikan bahwa pihaknya tertarik menjalin kerja sama dengan MTsN 1 Pati karena perolehan prestasi siswa MTsN 1 Pati yang menduduki posisi pertama di Kabupaten Pati sekaligus di tingkat Jawa Tengah. Selain itu, terkait juga dengan penerapan sistem pendidikan di MTsN 1 Pati yang sudah maju. “Pada intinya, kami melihat perkembangan prestasi MTsN 1 Pati ini punya banyak prestasi dan sistem pendidikan yang diterapkan sudah sangat mantap dan maju,” ungkap Hariri.

Hariri juga menjelaskan bahwa dengan banyaknya prestasi dan sistem pendidikan yang maju di MTsN 1 Pati berdampak pada kepercayaan masyarakat untuk bergabung menjadi sahabat madrasah. “Kepercayaan masyarakat semakin tahun, semakin kuat dari masyarakat sekitar, bahkan banyak dari luar yang ikut bergabung di sini,” tutur Hariri.

Saat ditanya tentang tindak lanjut setelah penandatanganan MoU, Hariri mengungkapkan pihaknya sedikit demi sedikit akan berusaha memperbaiki diri sesuai dengan apa yang diarahkan oleh MTsN 1 Pati. “Setelah menimba pengalaman dari sini, sedikit demi sedikit, kami akan berusaha memperbaiki diri sesuai dengan apa yang diarahkan,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, Hariri berharap agar MTs Silahul Ulum dapat menjadi sebuah madrasah yang ideal, tidak tertinggal dari madrasah lain, dapat berjalan beriringan, dan berhasil mendapatkan kepercayaan masyarakat yang semakin kuat. “Kami sangat berharap MTsN 1 Pati memberikan petunjuk-petunjuk yang dapat menjadikan kami bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, menuturkan MTs Silahul Ulum merupakan sahabat madrasah yang kesebelas. “Alhamdulillah, tambah satu lagi, madrasah sahabat MTsN 1 Pati, semoga mbarokahi,” tutur Syafak.

Ia menyebutkan jika MTsN 1 Pati sebelumnya  telah menjalin kerja sama dengan  sepuluh madrasah, yaitu MTs Manahijul Huda Ngagel, MI Tarbiyatul Islamiyah Winong, MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan, PIM Mujahidin Gembong, MIN 2 Pati, MTs Nurul Khosyi’in Gabus, MI Madarijul Huda, MTs Madarijul Huda, MA Madarijul Huda Kembang Dukuh Seti, dan MTsN 3 Pati.

Syafak mengungkapkan, langkah awal yang dapat dilakukan sahabat madrasah, ialah dengan mengubah visi misi madrasah, menguatkan program-program unggulan madrasah, dan mengaktifkan media sosial yang dimiliki.

Pihaknya juga mengimbau agar MTs Silahul Ulum dapat berbagi pengalaman dengan para penggerak MTsN 1 Pati.  “Kami terbuka, silakan sharing pengalaman dengan para penggerak MTsN 1 Pati,” imbuhnya. (TiM/at/bd)