Sertijab Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang Berjalan Lancar

Mungkid – Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang dilaksanakan Senin, (10/01/2022) di Gedung Serba Guna KPRI Kokarda Komplek Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Baznas, Ketua MUI, jajaran Pejabat, Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah, Pengawas Pendidikan, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan ASN di lingkungan Sekretariat.

Pejabat lama, H. Zainal Fatah, S.Ag, M.S.I melaksanakan tugas baru sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah. Sedangkan Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang dijabat oleh H. Panut, S.Pd,M.M yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Zainal Fatah menyampaikan, pada Jumat, (07/01/2022), telah terjadi rotasi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang. Di Magelang, ia menjabat sebagai Kepala selama 1 tahun kurang 8 hari.

“Sebagai ASN kita harus siap menerima perintah untuk ditempatkan sebagai apapun, dan di manapun. Alhamdulillah, untuk Kementerian Agama Kanwil provinsi Jawa Tengah masih di seputar wilayah Jawa Tengah, tidak seperti Kementerian yang lain,” ucap Zainal Fatah.

Meski menjalankan tugas di Kanwil kemenag Provinsi Jawa Tengah, Zainal Fatah menyampaikan bahwa dirinya akan sering ke Magelang dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Bidang Urais dalam rangka monitoring Proyek SBSN KUA Kecamatan. 

Zainal Fatah berharap bahwa Kepala yang baru dapat melanjutkan program-programnya tidak hanya yang bersifat fisik misalnya pelaksanaan proyek SBSN PLHUT dan SBSN KUA, tetapi juga yang bersifat nonfisik misalnya pembangunan Zona Integritas (ZI).

“Untuk penilaian mandiri Zona Integritas kita mendapat nilai 90.80. Itu adalah penilaian mandiri kita. Kita berharap nantinya tidak turun jauh,” lanjut Zainal Fatah.

Pejabat Kepala Kankemenag yang baru, Panut, menyampaikan dalam kesempatan taaruf tersebut, ia mengharapkan bimbingan dan arahan kepada semua tokoh agama yang hadir, agar bersama-sama bekerja untuk kesejahteraan dan kepentingan umat.

“Mari bersama-sama, harapannya agar bisa memberikan kemanfaatan. Agar madrasah bisa mandiri berprestasi, untuk penyuluh agama agar bisa memberikan bimbingan sehingga pemeluk agama bisa beribadah sesuai agama dan kepercayaannya,” kata Panut.

“Penting agar salih arah, salih aruh, sehingga bisa mewujudkan visi Kementerian Agama melayani semua umat,” tegasnya.

Panut juga menyampaikan harapannya agar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kankemenag Kab. Magelang  dapat berperan aktif menjadi ruh bagi organisasi dalam menjalankan tugas-tugas Kementerian Agama di kabupaten Magelang.

“Kita harapkan efektifitas para pejabat, bagaimana kita dapat bekerja dengan sungguh-sungguh sehingga moderasi beragama dapat menjadi ikon Kementerian Agama Kabupaten Magelang,” lanjut Panut. (faida-m4sk/Sua)