Terus Berbenah di Usia ke-76

Pemalang – Kementerian Agama RI telah menginjak usia 76 tahun yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2022. Tanggal kelahiran Kemenag yang juga disebut sebagai Hari Amal Bhakti (HAB) senantiasa diperingati dengan upacara bendera. Pun demikian dengan ASN jajaran Kankemenag Kabupaten Pemalang yang melaksanakan upacara peringatan HAB ke-76 secara terbatas di halaman KUA Kecamatan Pemalang.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Fahrur Rozi menjadi inspektur upacara dan Candra Junaedi S., pelaksana Seksi Pendidikan Madrasah bertugas sebagai komandan upacara. Upacara dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 diikuti oleh ASN pada Kankemenag, Kepala KUA Kecamatan, Pengawas Madrasah, Pengawas PAI, Penyuluh Agama Islam Fungsional, Pengurus FKUB Kabupaten Pemalang, dan tamu undangan.

“Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. Untuk itu jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu jadikan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai ASN Kementerian Agama,” kata Fahrur saat membacakan amanat Menteri Agama RI.

Ia menyebutkan tagline peringatan HAB ke-76 yaitu transformasi layanan umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kemenag dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam upacara tersebut, Kepala Kankemenag menyematkan tanda kehormatan kepada tiga orang perwakilan ASN Kankemenag yang mewakili penerima Satyalancana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun. Dari jumlah 73 permohonan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya untuk peringatan HAB ke-76, seluruhnya dikabulkan oleh Presiden RI.

Kepala Kankemenag beserta rombongan melakukan ziarah ke makam mantan Kepala Depag Kab. Pemalang (cinta – 3/1)

Kepala Kankemenag beserta Pejabat Pengawas dan Ketua DWP Kankemenag juga menyerahkan bantuan kepada masjid, musholla, panti asuhan, pedagang kecil, lembaga pendidikan, lembaga pendidikan keagamaan, dan para juara berprestasi. Bantuan yang diberikan diambilkan dari dana UPZ Kankemenag Kabupaten Pemalang.

Selesai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke makam dan silaturahmi ke keluarga mantan Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang. Rombongan ziarah ke makam alm. H. Achmad Thosir yang pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Pemalang periode 1989-1995 dan H. Wahyadi A. Ghoni yang pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Pemalang periode 2000-2003. Seusai silaturahmi, rombongan memberikan santunan kepada anak yatim pegawai Kankemenag Kabupaten Pemalang. (fi/rf)