081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, Sebagai Perwujudan Transformasi Layanan Umat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Tanggal 3 Januari merupakan peringatan Hari Lahir Kementerian Agama (Kemenag) RI yang disebut Hari Amal Bhakti (HAB). Kemenag ditahun 2022 memasuki usia ke-76, sehubungan dengan hal tersebut Kemenag Kabupaten Grobogan menggelar upacara yang sesuai dengan Surat Edaran Kemenag RI yang diadakan pada tanggal 03 Januari 2022 dan berlangsung di halaman Kantor Kemenag Grobogan, Senin, 03/01/2022.

Upacara yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Grobogan, Imron Rosyidi menyampaikan  Amanat dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, bahwa Kementerian Agama secara resmi berdiri pada tanggal 3 Januari 1946. Pada setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai KICK OFF pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan.

“Hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama,” ungkap Imron Rosyidi.

Lebih lanjut, Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

“Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi  83,92  pada  tahun  2021.  Indeks  Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula  tahun  2020  sebesar  67,46  menjadi  sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021,” jelasnya.

Kepala Kemenag menambahkan, dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan  prestasinya. Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian  (WTP)  atas  Laporan  Keuangan  tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

“Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. Untuk itu, jadikan agama sebagai   inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama,” jelasnya.

Beliau menerangkan, bahwa Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.(bd/Sua)