Bimbingan Rohani Penyuluh Agama Islam Sasar Warga Binaan Di Lapas Batang

*Nurudin Junaidi Penyuluh Agama Islam sedang memberikan bimbingan rohani pada warga binaan di lapas Batang

Batang – Sejak pandemi mulai tahun 2020, Penyuluh Agama Islam Kabupaten Batang belum diizinkan oleh Rutan Kelas IIB Batang untuk memberikan bimbingan kerohanian secara tatap muka kepada warga binaan. Rutan Batang yang secara resmi berubah menjadi Lapas Kelas IIB Batang pada awal 2021 itu, alhamdulillah pada bulan Februari 2022 ini memberikan izin kepada para penyuluh untuk kembali memberikan bimbingan secara tatap muka, sebagaimana yang terlihat pada Selasa (22/02) kemaren.

Penyuluh Agama Islam Fungsional Nurudin Junaedi, menyampaikan materi bimbingan dengan tema empat hikmah perjalanan isra miraj di Masjid At-Taubah Lapas Batang.

“ Bimbingan penyuluhan itu adalah kali kedua di mana jadwal perdana dimulai pada selasa minggu sebelumnya,” kata Nurudin Junaedi.

Dalam paparannya, Nurudin Junaedi menjelaskan bahwa ada empat hikmah perjalanan isra miraj Nabi Muhammad SAW yang difokuskan pada hikmah proses perjalanannya.

*Slamet Hasanudin Penyuluh Agama Islam sedang menyampaikan materi kerohanian pada warga binaan Lapas Batang pada kesempatan yang lain

” Hikmah pertama bahwa manusia dalam proses perjalanan hidupnya melewati 3 peristiwa, lahir, mati, dan berbangkit. Kedua, keseimbangan antara hablum minallah dan hablum minannas. Ketiga, proses perjalanan isra miraj adalah perjalanan yang sangat dinamis. Keempat, proses perjalanan isra miraj adalah perjalanan yang penuh hambatan,” paparnya.

Sementara itu Kasi bimbingan narapidana / anak didik dan kegiatan kerja ( Kasi Binadik Giatja) Lapas Batang, Satriya Dinda Wicaksono, dalam keterangannya menyampaikan bahwa memang pihaknya masih berkomitmen dengan Kemenag Batang untuk memberikan penguatan mental spiritual keagamaan bagi warga binaan.

” Kami masih berkomitmen dengan Kemenag Batang untuk memberikan penguatan mental spiritual keagamaan bagi warga binaan,” jelas Satriya.

Dia juga menegaskan nantinya setiap hari Selasa Penyuluh Agama Islam Fungsional KanKemenag Kab. Batang  secara bergantian sesuai jadwal yang telah tersusun akan memberikan bimbingan kerohanian terhadap warga binaan.

“ Sebagai bentuk komitmen kita, tiap hari Selasa Penyuluh Agama Islam Fungsional KanKemenag Kab. Batang  secara bergantian sesuai jadwal yang telah tersusun akan memberikan bimbingan kerohanian, ” jelas Satriya.(Hasanuddin/Zy_humas/rf)