FDC MTsN 7 Kebumen Outdoor  Study  dan Outbound   

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Full Day Class (FDC) Madrasah Tsanwiyah Negeri 7 Kebumen mengadakan kegiatan Outdoor Study dan Outbound, Senin (28/02) di Eduwisata Tunnel Garam Tlogopragoto, Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini diikuti oleh 185  peserta didik  dan 20 guru pengampu

Rombongan  disambut oleh tim pengelola Eduwisata Tunnel Garam Desa Tlogopragoto yang dipimpin oleh Budi Santoso. Dalam sambutannya Budi Santoso menyambut baik  kehadiran rombongan MTsN 7 Kebumen. “ Kami bangga dan berterima kasih kepada guru pendamping serta  peserta didik MTsN 7 yang tertarik  dalam pengelolaan air laut  menjadi  garam,” ungkapnya . ‘

Dijelaskan Budi Santoso, selain untuk bumbu masak, garam juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, kesehatan, pertanian, dan bidang -bidang lainnya.

Selanjutnya peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok untuk melakukan observasi ke tunnel pembuatan garam dengan diampu oleh tim dari eduwisata. Dengan antusias  mereka mengamati proses dari penampungan air laut sampai masuk ke beberapa tunnel dengan fungsi masing-masing. Setelah melakukan observasi, peserta didik  kembali ke pendopo untuk mendapatkan penjelasan tentang jenis-jenis produk garam yang dapat dihasilkan.

“Dalam satu tahap pembuatan garam dibutuhkan 6 tunnel sampai dihasilkan produk berupa kristal garam”  demikian  dijelaskan  Amin salah satu tim dari Eduwisata Tunnel Garam Tlogopragoto.

Dalam kesempatan yang sama,  Kepala MTs Negeri 7 Kebumen H. Imam Pratomo mengucapkan terima kasih kepada Tim Eduwisata Kampung Garam. H. Imam Pratomo mengucapkan terima kasih atas  izin  dan fasilitas yang telah diberikan  kepada  peserta didiknya belajar  langsung   tentang proses pembuatan garam sangat bermanfaat untuk mereka .

H. Imam Pratomo juga berharap   setelah kegiatan ini muncul  gagasan dari  peserta didik untuk meneliti lebih jauh tentang air laut dan juga garam.

Kegiatan diakhiri dengan otubound terdiri dari 6 jenis permainan dalam pos-pos yang diampu oleh 2 orang guru pengampu. otubound ini bertujuan untuk menguatkan kerjasama, kebersamaan, dan juga keterampilan dalam mengatasi masalah. (kh/fz/bd).