MAN 2 Pati Gelar Temu Perdana Jurnalistik

MAN 2 Pati Gelar Temu Perdana Jurnalistik Pasca Oprec

Pati – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pati menggelar Temu Perdana Jurnalistik pada Jumat, (11/2). Bertempat di aula madrasah setempat, pertemuan perdana yang berlangsung mulai pukul 09.45-11.30 WIB ini menjadi momen yang ditunggu setelah sekian lama vakum akibat pandemi covid-19. Mulanya acara ini akan diselenggarakan pada desember tahun lalu, tetapi karena banyaknya agenda pada bulan tersebut, maka acara ini baru terlaksana awal bulan Februari ini.

Sesaat usai acara, Hasna Nurul Afifah, selaku Ketua Redaksi Tim Jurnalistik MAN 2 Pati 2021/2022 saat ditemui menyampaikan bahwa acara ini berbeda dengan pertemuan-pertemuan tim jurnalistik sebelumnya, kali ini lebih memprioritaskan beberapa aspek tertentu karena masih dalam situasi pandemi. Dua puluh tiga siswa yang mengikuti acara ini wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama acara berlangsung.

“Mungkin acara tahun ini lebih terbatas ya, soalnya kita juga menaati prokes yang ada. Memang peraturan dari Madrasah kami sendiri apabila sudah masuk kawasan sekolah MAN 2 Pati diwajibkan menggunakan masker dan menaati protokol kesehatan. Tapi dengan singkatnya waktu yang kami punya, tak menghalangi semangat kami untuk menimba ilmu lebih dalam lagi mengenai dunia jurnalistik,” ungkap Hasna.

Serangkaian acara sudah dipersiapkan yang meliputi beberapa agenda. Yang pertama pembukaan oleh Nur Khamidah selaku pembawa acara yang memandu jalannya seluruh acara. Kemudian, dilakukan voting mengenai logo dan nama tim jurnalistik MAN 2 Pati melalui link google form yang telah dibagikan.

Hasil dari voting tersebut, 11 peserta diantaranya memilih nama “IDRIS” singkatan dari “Open minded through madrasah journalism” dan 12 peserta memilih nama “SASKARA” yang kami ambil dari bahasa Sanskerta yang berarti “Kebenaran dan Kemurnian”. “Jadi seluruh peserta sepakat untuk menamai tim jurnalistik MAN 2 Pati dengan nama “SASKARA” sesuai dengan hasil voting yang kami terima,” tambah Hasna.

Pada acara itu, diperoleh hasil voting logo terdapat 16 orang yang memilih logo 1 dan 7 orang yang memilih logo 2. Dengan hasil voting tersebut, disepakati untuk memakai logo pertama sebagai logo tim jurnalistik MAN 2 Pati.

Usai voting logo, disampaikan presentasi pengenalan jurnalistik oleh dua nara sumber, antara lain Syafaatul Okta Rahmadhani menyampaikan ilmu-ilmu dasar jurnalistik dan Hasna Nurul Afifah mengisi ilmu future plan.

Pada kesempatan itu, Siti Zummaroh dan Idatul Fitriyah selaku pembimbing dan pembina jurnalistik menambahkan beberapa hal yang belum disampaikan, termasuk penyusunan struktur kepengurusan tim jurnalistik MAN 2 Pati periode 2021/2022. Diskusi berlangsung gayeng, lancar dan disetujui oleh peserta yang hadir.

Pada akhir acara, kedua pembina juga menyampaikan beberapa saran dan motivasi untuk para jurnalis muda MAN 2 Pati supaya lebih produktif dalam dunia jurnalistik, khususnya di lingkungan madrasah. Harapannya kedepan, program kerja jurnalistik tahun ini lebih maksimal dalam pengerjaannya baik di periode sekarang atau yang akan datang. (qu-at/Sua)