Partisipasi DWP Kankemenag Kota Semarang pada Kegiatan Tingkat Pusat dan Daerah

Semarang, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, lakukan pertemuan perdana di tahun 2022 pada Kamis (24/2), diikuti secara terbatas oleh pengurus dan anggota di aula Kankemenag Kota Semarang.

Dengan berseragam salem, pengurus dan anggota DWP Kankemenag Kota Semarang nampak bersemangat mengikuti kegiatan ini, dikarenakan sudah hampir dua tahun semenjak pandemi, DWP belum pernah melaksanakan kegiatan pertemuan secara langsung.

Bertindak selaku master of ceremony (MC), Syafiatun anggota bidang sosial budaya DWP Kankemenag Kota Semarang.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan hymne dan mars DWP yang dipimpin oleh Sekretaris II, Nova Budi Aristin.

Pada pertemuan ini, masing-masing bidang menyampaikan laporannya. Cholidah Hanum selaku sekretaris menyampaikan konsekuensi DWP pada instansi vertikal maka DWP Kankemenag Kota Semarang seyogyanya berperan aktif pada kegiatan DWP baik yang diselenggarakan oleh DWP Kemenag RI, DWP Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Jateng maupun DWP Kota Semarang.

“Beberapa waktu lalu telah dilakukan pergantian pengurus DWP, meskipun pengajuannya ke DWP Kota Semarang sedikit terlambat, tetapi semoga tidak mengurangi dari keaktifan DWP Kankemenag Kota Semarang,” tutur Hanum.

Ia menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dan diikuti oleh DWP Kankemenag Kota Semarang, selama kepengurusan yang baru, diantaranya keterlibatan DWP dalam kegiatan singing contest, istighosah, lomba tumpeng, upacara bendera serta kegiatan bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kemenag RI tingkat Kota Semarang yang digelar mulai Desember tahun lalu hingga akhir Januari tahun ini.

Dilaporkannya pula bahwa DWP Kankemenag Kota Semarang juga aktif mengikuti kegiatan DWP baik di tingkat pusat maupun daerah, secara online maupun offline, seperti Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DWP baik tingkat Kemenag Pusat maupun Kota Semarang, Webinar Kesehatan Reproduksi, Webinar Kesehatan dan Kecantikan, Webinar Pola Hidup Sehat, pengajian bagi muslim yang rutin digelar setiap bulan oleh DWP Kemenag RI, pelatihan ereporting baik secara daring maupun luring, serta pelatihan menghias buah.

Selain itu Ia sampaikan pula bahwa DWP Kankemenag Kota Semarang juga ikut berperan serta dalam kegiatan upacara dalam rangka peringatan Hari Ibu 2021.

“Alhamdulillah DWP Kankemenag Kota Semarang telah memiliki akun Instagram sehingga kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DWP dalam rangka memberikan dukungan kinerja Kemenag, dapat diunggah untuk dipublikasikan kepada khalayak umum,” imbuh Hanum.

Hanum menginformasikan bahwa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan oleh DWP Kankemenag Kota Semarang pada bulan Maret mendatang, diantaranya menerima anjangsana dari DWP Kota Semarang, kunjungan ke panti wredha dan kegiatan deklarasi perempuan anti korupsi.

Siti Zuliani selaku bendahara DWP Kankemenag Kota Semarang menyampaikan laporan jika saat ini kondisi kas dalam keadaan sehat.

“Bendahara DWP bekerja sama dengan bidang ekonomi berikan kemudahan kepada anggota dalam pengadaan dan pembuatan seragam DWP, yaitu untuk pembiayaan dipinjami dari kas DWP dan dikembalikan dalam bentuk pengembalian secara bertahap melalui bidang ekonomi,” terang Yuli panggilan akrab bendahara DWP Kankemenag Kota Semarang.

Laporan bidang pendidikan disampaikan oleh Ny. Badariyah Basya. “Sebagaimana yang telah disampaikan oleh sekretaris, bidang pendidikan telah mengikuti beberapa pelatihan yang telah diselenggarakan oleh DWP Kota Semarang. Dan perlu kami laporkan bahwa DWP Kankemenag Kota Semarang menaungi tiga Raudhatul Athfal (RA) yaitu RA Perwanida 2, 3 dan 4. Alhamdulillah meskipun pandemi, ketiga RA ini masih bertahan dan masih terus menunjukkan kiprahnya di dunia pendidikan,” ujar Badariyah. Sriwahyuningsih mewakili bidang ekonomi menyampaikan bahwa hari ini telah dilakukan bazar berupa minyak goreng, bumbu dapur, tisu, makanan ringan, lauk pauk serta pakaian yang dijual dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan harga di pasar. (Hanum/NBA/bd)