Robot Line Follower MTsN 1 Pati Sabet Excellent Prize Award

Robot Line Follower MTsN 1 Pati Sabet Excellent Prize Award

Pati – Tim Robotik MTs Negeri 1 Pati berhasil memperoleh Excellent Prize Award kategori Maze Solving dalam ajang Jateng Robotic Competition (JRC 2022) level SMP/MTs pada Sabtu (12/2) di MAN 1 Kota Semarang. Dalam ajang ini, Tim Robotik MTsN 1 Pati membuat Robot Line Follower. Pemenang diumumkan secara langsung oleh pihak penyelenggara sesaat usai lomba.

Tim beranggotakan dua orang, Ahsanul Amala dan Alfian Faiz Ryan Putra. Acara yang diselenggarakan oleh Kampong Robot, Racer Robotic, dan MAN 1 Kota Semarang, yang digelar secara luring dengan menerapakan protokol kesehatan ketat. Sebelum memasuki venue lomba, seluruh peserta diwajibkan melakukan swab / tes antigen terlebih dahulu. Kompetisi yang diikuti oleh peserta dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA ini diawali dengan workshop robotik, kemudian dilanjutkan dengan lomba robotik tingkat Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti lomba robotik,” ungkap Ahsanu Amala, perwakilan siswa peraih award.

Dia menjelaskan, robot Line Follower merupakan robot yang bisa bergerak mengikuti garis dengan sensor. “Jadi robot yang kami rancang ini, dapat bergerak menyusur lintasan berbentuk garis lurus atau lengkung, hal ini karena ada sistem sensor yang telah kami programkan di dalamnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Ahsanu mewakili timnya mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing dan pihak MTsN1 Pati yang telah memfasilitasi kegiatan robotik ini. “Terima kasih untuk Pak Zaki, guru pembimbing robotikku. Terima kasih juga untuk MTs Negeri 1 Pati yang memfasilitasi kegiatan lomba luring di Semarang ini,” imbuhnya.

Ditemui di tempat terpisah, Ali Muzakkie, guru pembimbing robotik MTsN 1 Pati, mengapresiasi hasil yang diperoleh anak didiknya tersebut. “Alhamudillah, ini kompetisi luring pertama yang diikuti oleh anak-anak. Tentunya, sebagai pembimbing sangat bangga dengan hasil yang diperoleh,” ujarnya.

Zakkie mengungkapkan, keberhasilan ini tidak lepas dari kekompakan tim, komunikasi yang baik antar satu sama lain, dan tentunya dukungan dari berbagai pihak. Ia juga berharap, pada event-event yang akan datang, tim robotik MTsN 1 Pati mampu menorehkan prestasi yang lebih baik. “Harapannya, tim ini ke depan bisa memperoleh hasil yang lebih baik lagi. Aamiin,” pungkas Zakkkie.

Sebelumnya, MTsN 1 Pati mengirimkan dua tim untuk mengikuti ajang ini. “Selamat kepada anak-anakku peraih Excellent Prize Award. Tetap semangat untuk tim yang lain. Kalian adalah anak-anak yang cerdas berkarakter unggul mendunia. Semoga rahmat Allah membersamai kalian,” ujar Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati. (TiM_at/sua)