Susun Soal Berkualitas, MGMP Bahasa Arab Banjarnegara Bedah Kisi-Kisi Soal Ujian Madrasah

Banjarnegara – Tenaga pendidik MTs Negeri dan Swasta se-Kabupaten Banjarnegara hadiri pertemuan rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab tingkat MTs di MTs Negeri 4 Banjarnegara Selasa (22/02). Agenda pertemuan rutin ini membahas mengenai bedah kisi-kisi dan pembuatan soal Ujian Madrasah (UM) untuk kelas IX tahun pelajaran 2021/2022 yang sebentar lagi akan dilaksanakan dan juga membahas tentang penyusunan modul pembelajaran Bahasa Arab untuk tahun pelajaran baru 2022/2023

Ketua MGMP Bahasa Arab, Muhammad Muttaqin, menyampaikan bahwa agenda kali ini adalah bedah kisi-kisi sekaligus menyusun soal Ujian Madrasah mengingat ujian akan dilaksanakan dalam waktu dekat yaitu tanggal 21 Maret 2022.

“Melihat ujian kali ini yang akan dinilai yaitu pengetahuan dan keterampilan jadi kita harus ada penyamaan persepsi dalam pembuatan soal,” ucapnya.

Siswo Purnomo selaku pengampu mata pelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 2 Banjarnegara mengamini apa yang disampaikan oleh ketua MGMP Bahasa Arab.

“Pertemuan hari ini sangat membantu dan memudahkan kami untuk persiapan pelaksanaan ujian Madrasah nantinya,” ungkapnya.

Disela-sela kegiatan tersebut para peserta MGMP juga mendiskusikan tentang  kendala utama minat belajar siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Mapel bahasa Arab selama ini memang sering dianggap susah, oleh karena itu peserta MGMP mendiskusikan upaya-upaya yang dapat dilaksanakan agar pembelajaran bahasa Arab menyenangkan dan siswa mudah untuk memahami serta mudah mempelajarinya.

Banyak harapan yang disampaikan dalam acara tersebut, salah satunya adalah Fathudin, selaku guru bahasa Arab dari MTs Negeri 3 Banjarnegara.

“Semoga dengan MGMP ini membuat para guru, khususnya bahasa Arab dapat menyampaikan ide atau gagasannya yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi mapel bahasa Arab di Madrasah masing-masing,” pungkasnya. (sp/ak/rf)