BKM Gandeng Baznas Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Umat Islam Kota Magelang

Kota Magelang – Kepala Kemenag Kota Magelang yang sekaligus menjadi Ketua BKM Kota Magelang didampingi para ketua bidang adakan rapat terbatas bersama pengurus Basnaz di ruang kerjanya Jl Uripsunoharjo No. 106 Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara.(Rabu, 9/3).

Pengurus BKM Kota Magelang yang dua pekan lalu dikukuhkan mau tidak mau harus menjalin kerjasama dan bersinergi dengan pemangku kepentingan lainnya dalam menjalankan amanahnya dengan mengacu pada regulasi PMA No. 54 tahun 2006 tentang susunan organisasi dan tata kerja badan kesejahteraan masjid.

Diawal memimpin rapat, Kepala Kemenag Kota Magelang mengatakan “BKM tidak akan mungkin bisa berjalan sendiri tanpa menjalin kerjasama denganpihak-pihak yang terkait. BKM termasuk lembaga yang bersifat semi resmi bentukan Kementerian Agama yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan peranan masjid sebagai tempat melakukan ibadah serta sarana pembinaan untuk para umat muslim,” ujar Sofia Nur.

“Salah satu fungsi BKM yakni melakukan kerjasama dan koordinasi yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan peran masjid sebagai tempat berdakwah dan beribadah. Dan juga termasuk didalamnya kegiatan yang dilakukan dalam rangka pencerahan umat muslim, yaitu melalui acara tilawah, ta’lim, takziah, ishlal, dan sebagainya,” tambahnya.  

Rapat terbatas ini juga membahas tentang program kerja baik jangka pendek maupun jangka panjang  dalam rangka meningkatkan efektivitas program kegiatan, meliputi kegiatan Idarah, Imarah dan Riayah pada masa bakti kepengurusan 2021-2025.

Menanggapi berbagai program yang dibahas dalam rapat terbatas ini, Ketua Basnaz Kota Magelang menyatakan kesediannya untuk mensupport terlaksananya program agar kemanfaatan BKM benar-benar diasakan oleh umat Islam.

“Saya akan bahas dengan lebih mendalam usulan program yang telah direncanakan oleh BKM Kota Magelang. Terutama terhadap program-program yang menyentuh secara langsung terhadap keumatan, akan kami prioritaskan agar dapat segera terealisasi. Pada prinsipnya kami akan berikan dukungan baik pendanaan dengan optimal sepanjang tidak berbenturan dengan ketentun yang ada,” tegas Zaenuddin Ketua Basnaz  Kota Magelang.

Diakhir pertemuan tersebut, Ketua BKM berharap ini agar pengurus BKM melaksanakan program kerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan memaksimalkan segala potensi yang dimiliki. Kita semua harus berkomitmen untuk mengoptimalkan peran BKM dalam rangka membina dan mengarahkan umat pada kehidupan duniawi dan ukhrawi yang lebih berkualitas serta memakmurkan umat Islam yang ada di kota Magelang. (Rezkya/Hari/rf).