Cegah Malpraktik, Amhal Sampaikan Kode Etik Jurnalistik

Semarang, Dalam jurnalistik ada kode etik yang mengatur bagaimana sebuah berita disajikan, diantaranya harus bersifat informatif, akurat dan berimbang.

Demikian dikatakan Amhal Kaefahmi salah satu anggota Tim Website Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang, pada Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar di Rumah Makan Apung Kampung Laut Semarang, Rabu (23/3/2022).

“Dalam penulisan berita, minimal harus memuat 5W dan 1H, yaitu what, where, when, who, why dan how, sehingga tidak terjadi malpraktik dalam jurnalistik,” tutur Amhal.

“Selain itu, untuk perimbangan dalam pemberitaan, dalam penulisan suatu berita sebaiknya menghadirkan 2 narasumber yang saling menguatkan ide pokok atau inti dari pemberitaan,” imbuhnya.

“Hal lain yang perlu diperhatikan adalah “angle”. Satu peristiwa bisa menjadi lebih dari suatu berita jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda,” terangnya.

“Sebagai contoh rakor hari ini, bisa jadi ada tulisan tentang pemaparan Kepala, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), narasumber lain, atau peserta dan dari sudut pandang lainnya,” sambungnya.

“Buat dulu 1 kerangka misal terdiri dari 5 alenia yang merupakan penjabaran dari seluruh rangkaian kegiatan, baru kita ambil angle di masing-masing bagian yang ingin kita kembangkan untuk menjadi tulisan dalam pemberitaan,” kata Amhal.

“Jika perlu, berikan gambaran suasana dalam pemberitaan, sehingga saat dibaca, si pembaca bisa ikut larut dalam situasi tersebut,” ujarnya.

“Jika sudah dibuat kerangka sedemikian rupa, maka sebuah tulisan berita akan enak dibaca dan dinikmati oleh pembacanya,” tandasnya.

Pada bagian lain, Amhal menyampaikan bahwa pada beberapa waktu lalu, Kasubbag TU mengimbau kepada Tim Website untuk mengejar kuantitas pemberitaan, dan hal ini telah tercapai. Oleh karenanya Amhal mengajak kepada Tim Website untuk meningkatkan kualitas dan penulisan berita, sehingga website Kemenag menjadi website yang proper sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Kankemenag Kota Semarang dalam arahannya.

Rakor diikuti oleh pejabat struktural dan anggota Tim Website Kankemenag Kota Semarang.

Senada dengan Amhal, Kasubbag TU yang ikut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan  harapan agar Tim Website meningkatkan soliditasnya guna peningkatan produktivitas dan kualitas dalam penulisan berita, serta pengembangan website Kemenag Kota Semarang.(Dintha/NBA/bd)