Guru dan Siswa MTsN2 Rembang Antusias Nobar Puncak Festival Literasi Nasional 2022

Rembang – Beberapa guru dan siswa MTs Negeri 2 Rembang pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB Rabu,(23/03/2022) mengikuti Puncak Acara Festival Literasi Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Nyalanesia.

Acara yang dibuka langsung oleh Lanang Manggala selaku founder Nyalanesia ini diikuti  Kepala Madrasah, Guru Koordinator dan Perwakilan siswa melalui zoom. Sedangkan guru dan siswa lainnya bisa mengikuti melalui streaming youtube.

Sehubungan bersamaan dengan pelaksanaan ujian madrasah, maka guru yang tidak bertugas sebagai pengawas ujian mengikuti talkshow dengan  nobar di ruang digital.

Tampil sebagai narasumber, Henry Manampiring sebagai penulis buku Filosofi Teras dan Helmy Yahya seorang wirausahawan dan pakar komunikasi. Keduanya merupakan pegiat literasi yang telah menginspirasi masyarakat untuk gemar berliterasi salah satunya adalah melalui Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional. 

Hadir pula dalam kegiatan ini  Prof.  E. Aminudin Aziz selaku Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Uswatun Hasanah selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Rakhmat  Sutomo selaku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta dan pegiat literasi secara nasional.

Kegiatan ini diharapkan dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar sekaligus menginspirasi setiap peserta didik untuk gemar berliterasi.  Salah satu bagian terpenting dalam berliterasi adalah kemauan untuk memahami tulisan sebagai karya tulis dengan baik, sekaligus meningkatkan pemahaman membaca dan menginspirasi kegemaran untuk membaca dan menulis.  

Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis menyampaikan, salah satu ukuran keberhasilan kegiatan berliterasi di sekolah/madrasah adalah meningkatnya kegemaran setiap peserta didik dan pendidik untuk gemar membaca buku.  Dilakukan secara nyata dan masuk ke dalam aspek belajar mengajar sehingga nantinya guru dan murid dapat melahirkan karya literasi bersama.

Sementara itu Slamet Winarto selaku Guru Koordinator dalam kegiatan literasi menjelaskan, kegiatan ini merupakan puncak kegiatan Festival Literasi Nasional 2022 yang dikemas dalam bentuk dua kegiatan. yaitu Sesi NyalaTalks yang berlangsung pagi dan Sesi Penghargaan yang akan berlangsung malam ini (23/03/2022).

Siaran ini akan mengumumkan juara GSMB Nasional 2021, Juara SPL Nasional 2021, Juara Sekolah Aktif Literasi Nasional,  Juara Konten Web Literasi Sekolah, Juara Video Kreasi Sekolah, Juara Adi Acarya Award 2021, Juara Teacher Literacy  Award 2021 dan Peluncuran buku Juara FLN 2022 yang semua itu diikuti oleh MTs Negeri 2 Rembang sebagai peserta.   Slamet Winarto berharap melalui kegiatan semacam ini sedikit demi sedikit akan memunculkan kesadaran dan membuka wawasan guru dan siswa dalam berliterasi. (Wient/iq/rf)