Kemenag Demak Sambut Bulan Ramadan dengan Khatmil Qur’an

Demak – Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa, bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Sehingga kehadirannya selalu dirindukan dan dinantikan.  Tak ayal, di berbagai daerah terdapat berbagai tradisi untuk menyambutnya. Misalnya Nyadran, Dugderan, Dandangan, Padusan dan sebagainya.

Pun demikian dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Demak. Seakan ingin menghidupkan tradisinya sendiri, tadi pagi Jumat (25/03/2022) menyelenggarakan kegiatan Khatmil Qur’an.

Kegiatan dilaksanakan di serambi Masjid Al-Ikhlas kompleks Kantor Kemenag usai apel pagi. Kegiatan diawali dengan acara seremonial pembukaan. Mengingat saat itu jam aktif pelayanan, maka acara  hanya diikuti oleh pejabat struktural dan para hufadz dari Fungsional Penyuluh Agama Islam maupun penyuluh non PNS.

“ Dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadan dan sebagai bentuk birrul walidain, hari ini kita adakan acara khatmil Qur’an dan doa bersama. Bersama-sama kita doakan para ahli kubur kita dan para sesepuh ataupun para muassis (red : pendiri) Kemenag. Mudah-mudahan para arwah beliau mendapat magfiroh serta ditempatkan di tempat yang mulia di sisi Allah SWT,” ucap Kasubbag TU, Nur Fauzi, dalam sambutan.

Usai acara pembukaan, para penyuluh yang hafal Al Quran itu kembali melanjutkan proses pengkhataman. Masih 4 juz yang belum dibaca. Dan diperkirakan akan selesai dalam waktu 2 jam. Sayup-sayup suara merdu mereka terdengar hingga ruang kerja para pegawai. Suasana religius benar-benar terasa. Seakan-akan hari itu telah memasuki bulan Puasa. Bulan di mana tensi keimanan umat Islam meningkat dibanding bulan-bulan selainnya.

Benar saja, sekitar pukul sepuluh pagi saat bacaan sampai di surat-surat pendek seluruh pegawai yang ada di ruang kerja diminta bergabung ke serambi masjid. Mereka diminta untuk mengikuti doa khatmil Qur’an dan tahlil bersama. Begitu sampai di masjid, merekapun nampak duduk dengan khusuk membaca tahlil serta mengamini doa yang dipanjatkan oleh KH. Ali Subhan, selaku imam doa.(msr/rf).