Kemenag Grobogan Study Tiru di Kemenag Salatiga Dalam Mewujudkan Pembangunan ZI

Grobogan – Guna mewujudkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan mengadakan studi banding pada Kantor Kemenag Kota Salatiga yang sudah meraih WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia pada tahun 2021, Selasa, (15/3/2022). Kunjungan Kemenag Kab. Grobogan disambut dengan meriah oleh segenap ASN Kemenag Kota Salatiga. Dengan berbaris rapi di halaman kantor, mereka menyambut tamu dengan yel-yel ZI Kemenag Kota Salatiga.

Kepala Kemenag Kota Salatiga, Taufiqur Rahman menyampaikan, Salatiga pada tahun 2021 dinobatkan WBK oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPANRB) dan dinobatkan juga sebagai kota toleran se Indonesia. Salatiga awalnya tanah amrah atau tanah perdikan. Kota Salatiga berasal dari tiga kesalahan dari Ki Ageng Pandan Arang kepada Sunan Kalijaga sehingga menjadi Salatiga. Dan diprediksi oleh Sunan Kalijaga bahwa Kota Salatiga akan ramai dikunjungi tamu. Dari Kanwil Kemenag Jawa barat, Kemenag Yogyakarta  serta Kemenag Kab. Grobogan.

“Terkait dengan WBK, pembangunan ZI Kemenag Kota Salatiga tidak terlepas dari komitmen yang kuat dari semua ASNnya dan pimpinan. Membangun Zona Integritas menuju WBK maupun WBBM dibutuhkan komitmen yang jelas, bukan sekedar bicara namun praktek atau kerja nyata yang harus dilakukan,” tutur Taufiqur Rahman. 

Kakankemenag menambahkan, membangun ZI dengan RB adalah aksiologis dalam ZI, unsurnya apa saja dan variabelnya bisa apa saja, sehingga dapat merubah mindset ASN.  Yaitu tata laksana yang baik, pemetaan ASN harus didasarkan Anjab dan ABK, Pengawasan dalam Dumas no HP disebar di masyarakat luas, Melakukan pencegahan KKN, Dan sistem kerja sesuai SOP dengan SOP diperpendek agar pelayanan lebih cepat.

Sementara. Kepala Kemenag Grobogan, Imron Rosyidi mengatakan, kunjungan ini dalam rangka pihaknya dan jajaran Kemenag Kab. Grobogan ingin belajar lebih dalam bagaimana pembangunan ZI di Kemenag Kota Salatiga.

“Kami ingin mengawali semangat membangun ZI di Kemenag Kab. Grobogan dengan berkunjung ke Kemenag Kota Salatiga. ZI ini sebagai perjuangan yang harus dilakukan bersama-sama,” kata Imron.

Lebih lanjut, Rombongan Kemenag Kab. Grobogan mencari ilmu dalam rangka study tiru di Kemenag Kota Salatiga yang telah meraih predikat WBK, dan untuk itu bisa menjadi silaturahim bagi Kemenag Kota Salatiga dengan Kemenag Kab. Grobogan. Semoga ilmu yang ada di Kemenag Kota Salatiga bisa diglontorkan dan bisa ditiru Kemenag Grobogan untuk meraih Zona Integritas.

“Harapan saya untuk semua rombongan Kemenag Kab. Grobogan betul-betul dicermati yang disampikan oleh Kemenag Kota Salatiga dan lebih-lebih dibulan Ramadhan yang akan datang aktifitas  bekerja ASN diluar kantor dikurangi, agar serius fokus dalam kegiatan ZI,” ungkapnya.(bd/Sua)