Kenalkan Dunia Kerja, MAM Limpung Kunjungi PT. Pagilaran

* Siswa MAM Limpung sedang diberi penjelaan tentang proses pembuatan teh oleh pengawas PT.Pagilaran

Batang – Bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada dunia kerja secara langsung, MAM Limpung menggelar kegiatan Outing Class di Agrowisata PT. Pagilaran Kecamatan Blado pada Kamis (17/03) yang lalu yang diikuti oleh 27 siswa dengan didampingi oleh 6 guru.

Waka Kurikulum, Muniroch dalam keterangannya mengatakan Outing Class adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas. Namun dalam praktiknya dapat dilakukan dengan kegiatan outbound, kunjungan ke instansi, pusat industry dan lainya.

“Dengan belajar di luar kelas siswa akan merasakan sensasi baru dalam kegiatan belajarnya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi bekal untuk siswa kelas XII dalam pandangan dunia kerja,” Ungkap Muniroch.

Sementara itu, Pengawas Agrowisata PT Pagilaran, Santo, mengatakan tentang jenis-jenis teh dan proses pengolahan teh yang ada di Pagilaran.

* Setelah selesai berkeliling pabrik para siswa MAM Batang berpose bersama di depan kantor PT Pagilaran Kecamatan Blado Kab. Batang

“ Awalnya teh dipetik sekitar pukul 7 pagi hingga pukul 1 siang, setelah itu teh melalui proses pelayuan selama 14 jam, selanjutnya akan difermentasikan selama 8 jam sebelum dioven, berikutnya teh siap dikemas dan dipasarkan sampai keluar negeri,” tutur Santo.

Ketua Panitia kegiatan Anna Nur Ellawati dalan penjelasannya menyampaikan pentingnya pembelajaran Outing Class untuk melengkapi keseluruhan pengetahuan. Jadi menurutnya kegiatan ini bukan tanpa pertimbangan, melainkan telah direncanakan sekian lama.

“ Kegiatan ini sangat penting untuk siswa karena ilmu pengolahan teh tidak didapatkan di dalam kelas,” Tutur Anna.

Sedangkan Kepala Madrasah MAM Limpung Ahyaudin menegaskan bahwa kegiatan semacam ini benar-benar bermanfaat, menurtnya selain para siswa dapat meikmati indahnya alam pegunungan yang disana-sini tampak berbaris rapi tanaman teh, para siswa dapat menerima ilmu baru secara langsung.

Outing Class sangat bermanfaat memberikan pengetahuan riil bagi siswa sehingga mereka akan bertambah berwawasannya, karena pembelajaran di kelas saja masih kurang harus dilengkapi dengan pengetahuan di lapangan agar sempurna, harapanya seluruh siswa dapat sungguh-sungguh menimba pengetahuan dalam kegiatan ini,” tegas Ahyaudin. (Heni Tri Wardani/rf)