KKG ASN Kecamatan Ngaliyan dan Semarang Barat Gelar Kegiatan Pembinaan oleh Kakankemenag Kota Semarang

Semarang, Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan wadah komunikasi dan koordinasi antar anggotanya, begitu pula KKG Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Ngaliyan dan Semarang Barat.

Secara rutin kedua KKG tersebut melakukan kegiatan rutin pada masing-masing kecamatang dengan tujuan untuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan serta kekeluargaan antar anggotanya.

Selasa (22/3/2022) bertempat di River Walk Boja yang beralamat di Jalan Veteran Nagadibolo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, kedua KKG tersebut menggelar kegiatan Pembinaan KKG ASN oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang.

Kegiatan yang diikuti oleh guru Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang tergabung dalam KKG ASN se-Kecamatan Ngaliyan dan Semarang Barat ini, dilaksanakan secara tatap muka langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Masih dalam masa pandemi Covid-19, penyelenggara memilih River Walk Boja sebagai tempat pelaksanaan kegiatan dengan pertimbangan luasan dan sarana serta prasarana penunjangnya.

Mafruhatun selaku Pengawas Madrasah Kecamatan Ngaliyan pada saat dimintai pertimbangan oleh penyelenggara menyatakan persetujuannya dan mengapresiasi gagasan tersebut.

“Boja adalah daerah yang terkenal teduh karena sudah jauh dari hiruk pikuk kota, terutama River Walk Boja,” tutur Mafruhatun.

Wanita kelahiran Pekalongan ini menuturkan bahwa tujuan pembinaan adalah menyegarkan kembali tentang hakikat seorang ASN yaitu sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

“Salah satu tujuan diadakannya pembinaan adalah untuk merefresh kembali akan tugas dan fungsi guru ASN, sehingga dibutuhkan lokasi yang fresh pula,” ujar Mafruhatun.

Mengamini penjelasan Mafruhatun, ketua panitia juga menyampaikan hal yang sama, bahwa pemilihan lokasi kegiatan pembinan adalah yang dapat memberikan suasana tenang dan nyaman bagi peserta kegiatan.

Pada kegiatan ini, Kepala Kankemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah berkesempatan menyampaikan pentingnya fungsi dari KKG, untuk itu ia mengimbau kepada guru ASN yang tergabung didalamnya untuk memanfaatkan KKG dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasannya. Hadir pula Moch. Fatkhuronji, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Dikmad) Kankemenag Kota Semarang yang juga memberikan wejangan-wejangan agar guru berperan aktif dalam KKG. (Atun/NBA/bd)