Meningkatkan Pelayanan Perpustakaan, MTsN 5 Kebumen Berbagi Ilmu Dengan MTsN 2 Purworejo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Kamis, 31 Maret 2022, MTsN 5 Kebumen menerima kunjungan tim pengelola perpustakaan MTsN 2 Purworejo. Kunjungan tersebut bertujuan untuk berbagi informasi tentang pengembangan perpustakaan dalam rangka meningkatkan pelayanan mutu. Tim pengelola perpustakaan MTsN 2 Purworejo disambut di perpustakaan Nur Attarbiyah MTsN 5 Kebumen.

Tim dari MTsN 2 Purworejo yang berjumlah enam orang diantar langsung oleh kepala madrasahnya Muhammad Zainal Muhtadin dan disambut oleh Kepala MTsN 5 Kebumen, Imam Pratomo. Dalam sambutannya, Imam memberikan apresiasi atas kunjungan tersebut dan mempersilakan untuk saling berbagi informasi tentang pelayanan perpustakaan.

“kami siap memberikan informasi sesuai kebutuhan, dan siap melayani sampai apa yang diperlukan tercukupi”, ujar Imam.

Pada kunjungan tersebut Kepala Perpustakaan Nur Attarbiyah, Maryani, berkesempatan menyampaikan gambaran tentang penyelenggaraan perpustakaan, pelayanan, dan sarana-prasarana serta otomasi yang digunakan di perpustakaan. Penjabaran tentang pelayanan dilanjutkan dengan penayangan sekilas profil Perpustakaan Nur Attarbiyah. Selanjutnya, tim dari MTsN 2 Purworejo dipersilakan untuk berbincang-bincang dengan tim pengelola Perpustakaan MTsN 5 Kebumen secara personal.

Salah satu topik perbincangan yaitu pada bidang pembinaan minat baca oleh Zuli Peni dari MTsN 2 Purworejo bersama Sugiyanti dari MTsN 5 Kebumen. Mereka membahas tentang kegiatan literasi siswa dan guru di sekolah. Sugiyanti menjelaskan program literasi di sekolah salah satunya dilakukan dengan cara mengikuti Festival Literasi Kebumen (FLK). Guru dan siswa diberi kesempatan membuat karya yang kemudian dibukukan oleh pihak penyelenggara FLK.

Zuli Peni mengaku sangat terinspirasi akan kesuksesan yang didapat perpustakaan MTs.N 5 Kebumen pada ajang FLK. “Saya terinspirasi dari karya-karya yang sudah dibukukan dan akan menjadi motivasi bagi kami untuk membuat buku hasil karya guru dan siswa di MTsN 2 Purworejo”, katanya.

Acara kunjungan ditutup dengan doa oleh Fuad Hasyim dilanjutkan dengan foto bersama.(sgy/fz/bd).