MTsN 1 Pati Terima Award dari Kakanwil

Miliki 12 Sahabat Madrasah, MTsN 1 Pati Terima Award dari Kakanwil

Pati – MTsN 1 Pati kembali menerima penghargaan sebagai Pembina Utama dan Terfavorit dalam Program Sahabat Madrasah Award Tahun 2021 yang diberikan oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad pada Selasa, (29/3).

Selain dihadiri Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, acara ini dihadiri pula Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Bertempat di Hotel Sunan Solo, Kota Surakarta, acara ini digelar di tengah rangkaian Rapat Kerja Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022. Selain MTsN 1 Pati, terdapat empat madrasah lain, baik tingkat Aliyah maupun Tsanawiyah, yang menerima penghargaan, yaitu MAN 1 Banjarnegara, MAN 2 Banjarnegara, MAN 1 Kudus, dan MTs Tarbiyatul Banin Pati.

Semenjak pertama kali di-launching progam Sahabat Madrasah hingga awal 2022, MTsN 1 Pati telah memiliki 12 sahabat madrasah. Kedua belas sahabat madrasah tersebut, yakni MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti, MI Tarbiyatul Islamiyah Winong, MTs Nurul Khosyi’in Gabus, MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan, MIN 2 Pati, MTs PIM Mujahidin Gembong, MTs Madarijul Huda Kembang Dukuhseti, MI Madarijul Huda Kembang Dukuhseti, MA Madarijul Huda Kembang Dukuhseti, MTsN 3 Pati, MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil, dan MTs Matholibul Huda Mlonggo Jepara.

Progam Sahabat Madrasah yang dilaksanakan MTs Negeri 1 Pati berhasil menelurkan berbagai prestasi baik tingkat daerah maupun nasional, bidang akademik maupun nonakademik. Salah satunya, prestasi MTs Manahijul Huda yang semakin meningkat. Terbukti, belum lama ini siswa MTs Manahijul Huda berhasil menjadi juara dua dalam Lomba Cerdas Cermat Jasa Keuangan Syariah Tingkat SMP/SMA yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Musta’in Ahmad, menyebutkan bahwa MTsN 1 Pati dinilai sebagai madrasah terbaik di dalam melaksanakan program Sahabat Madrasah. Hal ini dibuktikan dengan adanya dua belas madrasah mitra MTsN 1 Pati yang berhasil diajak untuk berprestasi bersama-sama. “Bukan saja MTs ini membina satu, dua madrasah mitra, tetapi ada selusin. Ada dua belas madrasah mitra yang berhasil diajak untuk berprestasi bersama-sama,” ujar Musta’in Ahmad saat ditemui usai acara.

Kakanwil berharap penghargaan sahabat madrasah award 2021 yang diberikan kepada MTsN 1 Pati ini dapat menjadi sebuah karya terbaik, amal sholeh, serta amal jariyah bagi kepala madrasah dan segenap keluarga besar MTsN 1 Pati. “Terus berjuang, terus berkarya, terus beramal yang nyata. Jangan lelah, mudah-mudahan jadi berkah,” pesannya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin, yang turut hadir dalam acara tersebut mengaku merasa bersyukur sekaligus bangga kepada MTsN 1 Pati yang telah mewujudkan prestasi yang luar biasa sehingga mampu membawa nama baik Kementerian Agama khususnya di Kabupaten Pati. “Prestasi ini harus kita syukuri betul. Saya secara pribadi bangga dengan perjuangan kalian semua, bapak ibu sekalian, dalam satu tim. Maju terus, insya Allah berkah,” tutur Ali Arifin.

Sementara Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan sebuah anugerah dan hasil dari sebuah capaian kerja yang luar biasa. “Subhanallah, Walhamdulillah, Wa Laailaahaillallah, Wallahu Akbar. Sebuah anugerah yang luar biasa, hasil capaian kerja kita yang luar biasa, yang tidak jadi superman tapi superteam. Insya Allah akan memberkahi bagi seluruh warga MTsN 1 Pati,” ungkap Ali Musyafak.

Di akhir pernyataannya, Syafak mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang telah mendukung, mendoakan, dan berjuang penuh untuk MTsN 1 Pati. “Mudah-mudahan Rahmat Allah tidak berhenti sampai di sini. Kita masih mengharap rahmat-rahmat yang lainnya untuk menjadikan MTsN 1 Pati menjadi MTs uswatun hasanah,” pungkasnya.(TiM-at/Sua)