Porsadin Tingkat Kabupaten Kebumen Digelar Di Ponpes Al Istiqomah Tanjungsari Petanahan

Kebumen – Dalam upaya menumbuhkan prestasi antar santri dan mengevaluasi sistem pembinaan akademik, olahraga dan seni di lingkungan Madrasah Dinyah Takmiliyah, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) Tingkat Kabupaten Kebumen, Minggu (06/03). Mengangkat tema  “Mandiri Berprestasi Bersama Madrasah Diniyah, Kembangkan Potensi Diri Raih Prestasi Porsadin dilaksankan di  Komplek Pondok Pesantren Al Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen.

Hadir pada kegiatan ini diantaranya Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, didampingi Sekda H. Ujang Sugiyono, Kasi PD dan Pontren Kemenag Kebumen H. Makruf Widodo, ketua FKDT Gus Fathu Amanullah, serta pengasuh PP Al Istiqomah K.H. Amin Rosyid dan K.H. Ali Muin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melalui Kasi PD dan Pontren dalam sambutannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada FKDT yang telah sukses menyelenggarakan Porsadin tingkat Kabupaten Ke 5  ini. “Semoga kegiatan ini nantinya berhasil membawa atlet terbaik dari madin di kabupaten Kebumen untuk diikutkan Porsadin Tingkat Provinsi yang rencana akan digelar di Kudus,” ucapnya.

Kasi PD Pontren juga berharap agar Pekan Olahraga dan Seni Diniyah Takmiliyah (PORSADIN) bisa dijadikan sebagai ajang pengembangan bakat dan kreatifitas santri Diniyah Takmiliyah sekaligus sebagai ajang silaturahim insan Diniyah se-Kabupaten Kebumen.

Kepada para santri, Makruf Widodo berpesan agar mengikuti lomba dengan sebaik baiknya dan semaksimal mungkin. “Jadikanlah even ini sebagai ajang mengasah potensi diri menuju yang lebih baik. Selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas ! Menang kalah harus tetap semangat,” pesannya.

Sementara Ketua Panitia, KH Mufid menjelaskan, bahwa dalam gelaran Porsadin kali ini ada 16 cabang olah raga dan seni yang dilombakan yaitu : Tahfidz juz amma, MQK Safinatunnajah, Cerdas Cermat Diniyah, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, MTQ, Murotal wal Imla’, Kaligrafi, Puisi Islami, Lari Sprint 60 m, Lari Sprint 80 m, Bulu Tangkis Single, Bulu Tangkis Double, Tenis Meja Single, Tenis Meja Double dan Catur Cepat.  Lomba orsadin diikuti oleh 526 santri.

Acara dibuka ditandai dengan pemukulan gong oleh  pengasuh ponpes Al Istiqomah Tanjungsari KH Amin Rosyid didampingi Kasi PD dan Pontren. Kemudian pada penutupannya berkenan memberikan sambutan dan menyerahkan piala sekaligus menutup secara resmi kegiatan Porsadin Bupati Kebumen H. arif Sugiyanto didampingi Sekda Ujang Sugiyono.(mw/fz/bd).