Puncak Harlah, MTsN 1 Pati Award Digelar

Puncak Harlah, MTsN 1 Pati Award Digelar

Pati – MTs N 1 Pati menggelar penganugerahan MTsN 1 Pati Award dalam rangka harlah ke-42 pada Selasa, (22/3). Terdapat  enam kategori dalam MTsN 1 Pati Award, yaitu guru dan pegawai MTsN 1 Pati berprestasi, siswa MTsN 1 Pati  berprestasi, sahabat madrasah MTsN 1 Pati berprestasi, siswa madrasah sahabat MTsN 1 Pati berprestasi, dan juara lomba Kompetisi Anak Cerdas Berkarakter (KACER) 2022.

Selain penganugerahan MTsN 1 Award, puncak harlah juga ditandai dengan peresmian Gedung Indoor, Gedung Serba Guna, dan Ruang Digital. Acara yang digelar di Gedung Indoor ini dihadiri oleh Bupati Pati, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Kasi Kursis Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, 12 sahabat madrasah, dan para juara Kacer. 

Bupati Pati, Haryanto, menyatakan  bahwa MTsN 1 Pati telah mengukir banyak prestasi karena didukung adanya sarana prasarana yang memadai. “Dengan didukung sarana prasarana yang ada, sudah barang tentu akan menambah kemajuan yang ada,” ujar Haryanto.

Haryanto berpesan kepada warga madrasah baik guru, kepala madrasah, maupun siswa MTsN 1 Pati untuk jangan puas dan jangan kendor dalam mempertahankan prestasi meskipun di masa pandemi.  “Kita tidak butuh superman, tapi kita butuh superteam. Kita kerja sama dengan berbagai pihak untuk meraih prestasi itu,” pesan Haryanto. Harapannya, agar MTsN 1 Pati menjadi madrasah rujukan, tidak hanya di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan bahkan di  tingkat internasional.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, memberikan tanggapan terkait penganugerahan MTsN 1 Pati Award. Menurutnya, penganugerahan ini terangkai dalam semangat mensyukuri hari lahir ke-42 MTsN 1 Pati.

Musta’in juga menambahkan, dari waktu ke waktu sampai pada umurnya yang ke-42, MTsN 1 Pati berhasil menjadi MTs terbaik se-Jateng. Selain itu, prestasi MTsN 1 Pati ini juga ditularkan kepada 12 madrasah lainnya yang berada di daerah Pati dan sekitarnya. “Ini adalah MTsN 1 Pati Award, saya selaku Kakanwil, mengapresiasi capaian prestasi dari MTs ini. Yang bukan saja berprestasi untuk dirinya sendiri, tetapi juga mengajak lingkungan madrasah yang lain,” tuturnya. 

Lebih lanjut, ia menambahkan jika sahabat madrasah adalah program yang digagas oleh Kanwil Kemenag Jateng untuk membuat prestasi madrasah lebih merata. Musta’in juga menyatakan bahwa sahabat madrasah di MTsN 1 Pati ini paling efektif di Jawa Tengah. Pasalnya, MTsN 1 Pati  mampu menularkan kiat dan strategi kepada madrasah lain sehingga madrasah yang belum berprestasi juga ikut berprestasi.

Di akhir wawancara, Musta’in memberikan motivasi kepada siswa MTsN 1 Pati untuk terus semangat agar bisa menjadi juara di bidangnya masing-masing. “Madrasah kalian adalah madrasah pencetak juara. Kalian bisa jadi juara di bidang kalian masing-masing. Yang bidang akademik ya akademik, yang bidang olahraga ya olahraga, yang bidang seni ya seni, bidang keterampilan ya keterampilan. Kalian dengan passion-nya masing-masing, dengan bakat masing-masing, bisa menjadi juara di bidang kalian masing-masing. Terus bersemangat, belajar, berlatih, dan berdoa,” tutur Musta’in Ahmad.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati mengungkapkan penganugerahan MTsN 1 Pati Award ini sebagai bentuk rasa syukur atas prestasi madrasah sekaligus puncak peringatan hari lahir ke-42 MTsN 1 Pati. “Alhamdulillah. Hari ini kita syukuran sekaligus memperingati hari lahir MTsN 1 Pati, kita adakan kegiatan  yang luar biasa,” tandasnya.

Syafak juga menyatakan bahwa acara penganugerahan MTsN 1 Pati Award ini pertama kalinya digelar dan akan dijadikan sebagai agenda rutin setiap tahunnya. “Kegiatan ini pertama kalinya diselenggarakan di Pati, di Jateng, dan mungkin di Indonesia. Kegiatan yang baik ini  harus kita jadikan kegiatan yang rutin dan harus bisa lebih baik lagi karena kalau sama nanti rugi,” pungkas Syafak.

Dalam penganugerahan MTsN 1 Pati Award, terdapat 45 orang penerima award, terdiri dari 17 penerima Award kategori guru pegawai berprestasi, 7 siswa berprestasi, 1 sahabat madrasah berprestasi (MTs Manahijul Huda), 1 siswa sahabat madrasah berprestasi, dan 19 juara lomba Kacer 2022.

Sebelumnya, Kompetisi Anak Cerdas Berkarakter ini dilaksanakan secara online pada 13 Maret 2022 kemarin. Kompetisi ini diikuti oleh siswa kelas 6 MI/SD tingkat nasional. Adapun pemenang lomba Kacer 2022 terdiri dari 9 siswa juara lomba kategori mapel (Matematika, IPA, dan IPS) dan 10 siswa peraih juara lomba kategori nonmapel (MTQ, Desain Poster, dan Robotik). Juara lomba kategori mapel Matematika diperoleh Aryo Jati Kusumo, Sabil Attalah Azalea, dan Alysha Syakira. Juara lomba mapel IPA berhasil disabet Aiskha Nabiila.F, Fatiya Hafidzoturrahmah, dan Ajeng Fadlila Rohmatika. Untuk juara lomba mapel IPS berhasil diraih Andhini Quinsahaviri, Aulia Putri Ardina, dan Eisya Elmina.

Sementara, untuk lomba kategori nonmapel, para juara Kacer bidang MTQ adalah Hibatus Sholihah, Queensa Ladya Jauza’ Al Labib, Dinda Arifatul Wahdah, dan Muhammad Rifki Alfiyan. Bidang desain poster, antara lain Ulima Karimah, Zarekiz Tifta Cintara, dan  Islam Al Hamid. Sedangkan bidang robotik terdapat 3 tim yang menjadi juara, yaitu tim pertama (Fatir Al Fath dan Zahira Adelia Putri),  tim kedua ( Ibnu Katsir, Nabil Azka, dan Muhammad Rafasya Alfarezqi), sedangkan tim ketiga berhasil diraih oleh Kayla Joanna, Muhammad Kharis Maulana, dan Riendana Galih Pratama. (TiM_at/Sua)