Ratusan Siswa dan Guru ikuti MIN 1 Sukoharjo Fair 14

MIN 1 Sukoharjo – Gelaran MIN 1 Sukoharjo Fair ke-14 berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. MIN 1 Sukoharjo Fair memang sudah menjadi agenda tahunan. Kegiatan ini menjadi wadah bagi anak-anak usia TK di wilayah Sukoharjo untuk mengembangkan potensinya. Berbeda dengan MIN Fair tahun-tahun sebelumnya, MIN Fair dua tahun terakhir dilaksanakan secara daring (online) terkait kondisi pandemi Covid 19. Meskipun di tengah pandemi, tidak menyurutkan antusias guru dan anak-anak TK untuk mengikuti MIN Fair 14. Terbukti sejumlah 190 siswa dan guru TK turut memeriahkan lomba ini.

MIN Fair 14 menghadirkan lima cabang lomba yang meliputi pildacil, mewarnai, calistung, tahfidz anak dan tahfidz guru. Rata-rata setiap cabang lomba dibatasi jumlah pesertanya antara 25 sampai 40 peserta. Proses perlombaan sebenarnya telah dilaksanakan sejak pekan terakhir bulan Februari 2022 secara daring, yaitu dengan pengumpulan video atau karya anak. Penjurian dilaksanakan serentak pada Jum’at, 4 Maret 2022 oleh juri yang kompeten di bidangnya. Sedangkan pengumuman kejuaraan dan pembagian hadiah dilaksanakan secara luring (offline) dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat pada Sabtu, 5 Maret 2022. Juara 1 lomba pildacil diraih oleh Haydar Amri Khalika Putra dari TKIT Fatahillah. Sedangkan juara 1 lomba mewarnai diraih oleh Faranissa Aleena Bellisa dari TK Al Azhar Syifa Budi Solo. Usamah Ahza Maulana dari RA Amanah Ummah VII meraih juara 1 untuk cabang lomba calistung. Zhufaira Adz Dzakwan dari TKIT Fatahillah mendapatkan juara 1 untuk cabang lomba tahfidz anak. Izzah Marfuah, guru RAIT At Taqwa Nguter meraih juara 1 untuk cabang lomba tahfidz guru. Selain itu, diumumkan juga peserta yang meraih juara 2, 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3 untuk masing-masing cabang lomba.

Ketua panitia MIN Fair 14, Suwito dalam sambutan menyampaikan ungkapan rasa syukurnya karena kegiatan berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, sejauh ini kegiatan MIN Fair 14 dapat terlaksana dengan lancar meskipun di tengah keterbatasan dan pembatasan. Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung, serta semua peserta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga dengan pemberian penghargaan kepada para juara, baik berupa uang pembinaan, piagam, maupun piala, dapat memotivasi untuk lebih mengasah bakat dan kemampuannya,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala MIN 1 Sukoharjo, Erma Nurlaila Ariyanti menyampaikan harapannya di depan para peserta lomba.

“Semoga kegiatan apapun yang diselenggarakan oleh MIN 1 Sukoharjo mampu memberikan manfaat bagi perkembangan pendidikan anak-anak. Seperti kegiatan MIN Fair ini, harapan kami adalah kegiatan ini mampu memacu semangat anak-anak dalam mengembangkan bakat dan potensinya, mampu memacu kreativitas guru dan orang tua guna mendidik putra-putrinya sehingga memiliki kecerdasan dan karakter yang baik,” katanya. (omk/djp/rf)