Siswa MTsN 1 Pati Raup 185 Medali di Ajang Singapore Science Olympiad

Pati –  Siswa MTsN 1 Pati kembali mencetak rekor setelah berhasil meraup 185 medali tingkat ASEAN dalam ajang Singapore Science Olympiad (SSO). Ke-185 medali tersebut antara lain 54 medali emas, 35 medali perak, dan 96 medali perunggu. Singapore Science Olympiad merupakan sebuah ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Imperial Academy Institutions bekerja sama dengan Pelatihan Kompetisi Nasional (POPNAS) ini digelar secara online pada Minggu (20/3).

Kompetisi Singapore Science Olympiad diikuti sebanyak 1312 peserta yang berasal dari sebelas negara, meliputi Indonesia, Hongkong, India, Iran, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Srilanka, dan Myanmar.

Salah satu siswa yang berhasil masuk peringkat lima besar dalam English Junior High School Grade 9, Wilda Nailal Husna, mengatakan bahwa Singapore Science Olympiad ini merupakan ajang kompetisi tingkat internasional ketiganya. “Alhamdulillah, masih tidak menyangka saya bisa masuk lima besar dalam ajang Singapore Science Olympiad yang digelar 20 Maret kemarin. Ini merupakan prestasi ketiga saya di tingkat internasional setelah ISMO Mathematic Grade 9 dan ISMO Science Grade 9,” ucapnya.

Wilda menuturkan jika prestasi yang ia peroleh ini tidak terlepas dari bimbingan bapak dan ibu guru serta doa orang tua. “Terima kasih untuk bapak dan ibu guru yang sudah membimbing dan men-support saya hingga berada di titik ini,” tuturnya.

Ke depan, Wilda berharap agar dirinya dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi sehingga bisa selalu membawa nama MTsN  1 Pati ke kancah internasional.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati memberikan apresiasi terhadap prestasi tingkat ASEAN yang kembali diraih oleh siswanya. Ia juga berpesan kepada para siswa agar dapat mempertahankan kuantitas, meningkatkan kualitas, dan tetap istiqomah di jalur prestasi. “Pertahankan kuantitas, tingkatkan kualitas, tetap istiqomah di jalur prestasi dengan penuh rahmat dari Allah di samping usaha maksimal,” pesannya dengan penuh rasa syukur.

Syafak juga memberikan ucapan terima kasih kepada siswanya atas raihan prestasi tersebut. “Selamat untuk anak-anakku atas persembahan terbaikmu,” pungkasnya. (TiM_at/Sua)