Siswa MTsN 1 Pati Raup 957 Medali dalam Sehari

Siswa MTsN 1 Pati Raup 957 Medali dalam Sehari

Pati – Siswa MTs N 1 Pati kembali memborong 957 medali pada tujuh even dalam sehari, Minggu (20/2). Ketujuh event tersebut, yakni National Youth Olympiad, Pekan Kompetisi Nasional, Olimpiade Nasional Madrasah, Kompetisi Matematika SMP/MTs, Cendekia Mathematics, NYMC & KPPI, dan Simple Competition AKM yang digelar secara daring. Adapun rincian medali yang diperoleh terdiri dari 165 emas, 313 perak, 335 perunggu, dan 144 harapan. Seperti diketahui, berdasarkan data yang dirilis oleh D-PDM Jateng, per 28 Februari 2022, MTsN 1 Pati berhasil menduduki posisi pertama se-Jawa Tengah sebagai madrasah dengan perolehan prestasi terbanyak.

Bibit Rizqiana, salah satu siswa pemeroleh medali, mengungkapkan jika dirinya berhasil mengumpulkan 9 medali dalam 4 event yang digelar bersamaan tersebut. “Alhamdulillah, kemarin, dalam satu hari mendapat 9 medali. Dalam lomba National Youth Olympiad dapat 3 emas, Olimpiade Nasional Madrasah dapat 3 emas dan 1 perunggu, Kompetisi Matematika smp/MTs dapat 1 emas, dan terakhir Kompetisi NYMC & KPPI dapat 1 emas,” ungkap Bibit.

Selain memperoleh 9 medali dalam sehari, Bibit menjelaskan bahwa selama bulan Januari-Februari, dirinya telah mengumpulkan 62 medali.  Atas perolehan medali tersebut, Bibit mengucapkan terima kasih kepada pihak MTsN 1 Pati dan Bapak Ibu Guru yang telah memberikan kesempatan kepada dirinya untuk mengikuti berbagai even. 

“Saya ikut kompetisi mulai dari Januari-Februari. Alhamdulillah, sudah terkumpul 62 medali. Apresiasi setinggi-setingginya untuk MTs N 1 Pati yang tercinta dan  terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Ibu Guru yang selalu membimbing dan mendampingi siswa-siswi untuk meraih prestasi sehingga MTs N 1 Pati menjadi madrasah unggul dan mendunia,” tuturnya.

Meskipun masih duduk di bangku kelas tujuh, ia mengaku berani mengikuti beragam kompetisi. “Dengan diadakannya olimpiade, saya termotivasi dalam berkompetisi untuk meraih prestasi,  sekaligus menambah wawasan ilmu pengetahuan saya,” paparnya.

Bibit juga berpesan untuk teman-temannya agar tidak mudah menyerah dalam berprestasi.  “Jangan pernah menyerah, tetap semangat dalam menuntut ilmu dan meraih prestasi. Jangan merasa puas dengan apa yang diraih, tetap semangat berusaha dan berdoa, dan tetap istiqomah selalu,” pesannya.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, menyatakan rasa syukurnya atas raihan prestasi siswa-siswinya dalam sehari yang mencapai 957 medali. “Setinggi apa pun prestasi kita, wajib disyukuri agar tidak menjadi generasi yang sombong, tetapi tetap rendah hati,” tutur Syafak.

Syafak juga menyampaikan jika MTs N 1 Pati akan  selalu melakukan proses penguatan pembimbingan potensi para siswa sehingga setiap siswa mampu mengembangkan potensi yang dimiliki. “Madrasah akan selalu melakukan proses penguatan pembimbingan potensi para siswa sehingga setiap siswa mampu mengembangkan potensi yang dimiliki,” jelasnya.

Ke depannya, Syafak berharap anak-anak yang berprestasi ini akan menjadi anak yang cerdas, berkarakter, berakhlakul karimah, dan sholeh-sholehah sehingga mereka dapat bermanfaat  bagi madrasah yang ingin mewujudkan visinya yang uswatun hasanah, unggul, dan bertaraf internasional. “Ke depan, anak-anak yang berprestasi ini akan menjadi anak yang cerdas, berkarakter, berakhlakul karimah, dan sholeh-sholehah sehingga mereka dapat bermanfaat  bagi madrasah yang ingin mewujudkan visinya yang uswatun hasanah, unggul, dan bertaraf internasional,” harapnya.(TiM_at/Sua)