Tingkatkan Budaya Literasi, MTsN 1 Kebumen Launching ‘SANAK SABU’

Kebumen – Tingkatkan budaya literasi, Senin (07/03) bertempat di aula setempat,  MTsN 1 Kebumen melaunching program “Sanak Sabu” Satu Anak Satu Buku.

“Tujuan utamanya untuk memotivasi peserta didik menulis dan memberikan inspirasi untuk terus berliterasi sehingga menghasilkan karya-karya terbaik,” jelas Taufikurrohman Waka Kesiswaan MTs.N I Kebumen saat mewakili kepala madrasah memberikan sambutan saat launching.

Dalam sambutannya Taufik juga menegaskan bahwa madrasah berkomitmen untuk terus mendukung, melanjutkan, dan memfasilitasi peningkatan literasi peserta didik dan warga madrasah. Berbagai upaya telah dilakukan  melalui beberapa kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kreativitas, utamanya dalam kegiatan literasi membaca dan menulis

Program Satu Anak Satu Buku dicanangkan oleh Kepala Madrasah menjadi agenda tahunan di MTsN 1 Kebumen. Untuk tahun ini kegiatan difasilitasi dan bekerja sama dengan penerbit Nyalanesia, didukung oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Dinas Pendidikan serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen melalui ajang Festival Literasi Kebumen (FLK) 2021 yang telah digelar beberapa waktu lalu.

Launching ditandai dengan pembagian buku karya peserta didik kelas IX terbitan Nyalenesia sebanyak 261 buku.

Dua ratus enam puluh satu buku tersebut terdiri dari 195 karya berupa cerita pendek yang diterbitkan menjadi delapan jilid buku antologi cerpen, dan 66 karya diterbitkan menjadi  buku antologi puisi. Selain itu juga dibagikan karya berupa 2 artikel dan 5 puisi dari guru pembina literasi madrasah.(Isu/fz/bd).